Round-Up

Misteri Motif Prada Ilham Bikin Kebohongan Akhirnya Terpecahkan

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 22:03 WIB
Polsek Ciracas, Jakarta Timur
Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom
Jakarta -

Sepandai-pandainya menyimpan kebohongan, pada akhirnya terungkap juga. Kiasan itu pas menggambarkan kelakuan Prada Muhammad Ilham yang berbohong kepada rekan-rekannya mengenai kecelakaan yang menimpa dirinya dan berujung pada perusakan Polsek Ciracas, Jakarta Timur.

Teka-teki motif di balik Prada Ilham menyebarkan hoax akhirnya dibongkar tim penyidik Pomad TNI.

Ketika diperiksa secara maraton, Prada Ilham buka suara alasan dirinya berbohong saat mengalami kecelakaan tunggal tepatnya di sekitar Jalan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, tepatnya di dekat pertigaan lampu merah Arundina.

Prada Ilham merekayasa bahwa dirinya dikeroyok hingga luka-luka kepada teman-temannya hingga berbuntut penyerangan Polsek Ciracas oleh 100 oknum TNI pada Minggu 30 Agustus 2020.

Padahal dari CCTV yang diperiksa, Prada Ilham diketahui jatuh atau mengalami kecelakaan tunggal lantaran tak bisa mengendalikan sepeda motor yang dibawanya. Pengakuan Prada Ilham disampaikan oleh Danpuspomad Letjen Dodik Wijanarko dalam konferensi pers di Markas POM TNI AD, Rabu (9/9/2020).

Letjen Dodik mengungkapkan alasan kenapa Prada MI menyebarkan berita bohong sehingga memicu perusakan Polsek Ciracas tersebut.

"Sebelum kecelakaan lalu lintas tunggal disebabkan karena telah minum minuman keras jenis anggur merah merek Gold, dan takut merasa bersalah karena akibat kejadian tersebut sepeda motor jenis Honda Blade warna hitam nopol-B 3580-TZH yang dipinjamkan oleh pimpinannya mengalami rusak," kata Dodik saat konferensi pers, Rabu (9/9/2020).

Selain itu, Letjen Dodik mengatakan Prada MI takut diproses hukum karena mengendarai motor, padahal dirinya tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM) C. SIM yang diperuntukkan khusus buat pengendara motor.

"Serta takut diproses hukum karena pada saat mengendarai sepeda motor tersebut tidak memiliki SIM C, dan tidak membawa STNK," ucapnya.