Kisah Donny Saragih Batal Jadi Dirut hingga Dieksekusi ke Lapas Salemba

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 12:51 WIB
Eks Dirut TransJ Donny Saragih Ditangkap
Eks Dirut TransJ Donny Saragih ditangkap. (Foto: dok Istimewa)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta pada 27 Januari lalu membatalkan penunjukan Donny Saragih sebagai Direktur Utama PT TransJakarta setelah empat hari menjabat lantaran Donny terjerat kasus pidana penipuan. Kini Donny telah diamankan oleh tim kejaksaan dan dieksekusi di Lapas Salemba.

Pada 23 Januari 2020, melalui keputusan para pemegang saham di luar rapat umum pemegang saham (RUPS), Donny Saragih ditunjuk sebagai Dirut TransJakarta. Namun, empat hari kemudian, pada 27 Januari 2020, keputusan itu dibatalkan.

Badan Pembina (BP) BUMD menerima laporan tentang status hukum Donny pada Sabtu, 25 Januari 2020. Lantas BP BUMD melakukan verifikasi atas laporan itu. Hasil verifikasi: benar bahwa Donny berstatus hukum terpidana kasus penipuan.

"Pada Senin pagi, 27 Januari 2020, langsung dilakukan keputusan pembatalan keputusan para pemegang saham di luar rapat umum pemegang saham tanggal 23 Januari 2020," kata Kepala BP BUMD Pemprov DKI Jakarta Faisal Syafruddin dalam keterangan resmi, Senin (27/1/2020).

Kasus Donny tercatat dalam perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman. Donny bersama Porman Tambunan alias Andi Tambunan alias Andi kemudian dituntut 'turut serta melakukan penipuan berlanjut' sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan alternatif ketiga. Putusan hukum untuk Donny sudah berkekuatan hukum tetap atau inkrah sejak Februari 2019.

Donny kemudian merespons heboh atas kasusnya itu. Donny menyebut mengajukan pengunduran diri kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Daripada jadi merusak tatanan Pak Gubernur, iya kan. Harus ada yang gentleman. Harus ada yang ngalah. Dan saya ngalah untuk kelangsungan dan kenyamanan. Saya kan hormat Pak Gubernur angkat saya, tiba-tiba dibuat seperti ini (diberitakan sebagai terpidana), kan saya nggak enak sama beliau," kata Donny saat dihubungi wartawan, Senin (27/1/2020).

Tonton juga 'Eks Dirut TransJakarta Donny Saragih Akhirnya Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2