Round-Up

Saling Serang Dua Kubu PAN Pekan Ini

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Sep 2020 07:20 WIB
Sejumlah tokoh partai hadiri Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019).
Amien Rais bersama Zulkifli Hasan saat Rakernas PAN, Sabtu (7/12/2019). (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Saling serang dua kubu PAN terus berlanjut. Kubu PAN loyalis Amien Rais tetap berkukuh pada pendirian untuk berpisah dari kubu PAN Ketua Umum Zulkifli Hasan (Zulhas).

Kubu loyalis Amien Rais akan membentuk partai baru PAN Reformasi. Dalam sepekan ini, saling serang di antara kedua kubu tetap bersahutan.

Diketahui, wacana PAN Reformasi merupakan puncak perpecahan di tubuh internal partai matahari putih itu sejak Kongres Kendari pada Februari lalu. Kemenangan Zulkifli di kongres itu disambut cibiran kubu Amien Rais, yang menjagokan Mulfachri Harahap.

Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, menilai PAN yang ada sekarang sudah membelot dari tujuan awal dibentuknya PAN. Untuk itulah, menurutnya, semua loyalis Amien Rais menyepakati adanya perubahan. Itu yang menjadi alasan pembentukan nama PAN Reformasi.

"Alasannya, argumentasi mereka, bahwa kalau bicara PAN itu adalah Amien Rais, dan kalau bicara Amien Rais itu adalah PAN. Jadi rohnya PAN itu ada di Amien Rais. Kemudian kalau bicara reformasi, ya Amien Rais saja. Itu dari sisi persepsi luar," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (29/8/2020).

Berikut aksi saling serang di antara dua kubu PAN tersebut:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3