Tolak 'PAN Reformasi', PAN Sumbar: Amien Rais Adalah PAN

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 12:29 WIB
Pernyataan Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP, Puan Maharani, yang berharap Sumbar menjadi pendukung negara Pancasila jadi kontroversi.
Ketua Harian DPW PAN Sumsel Guspardi Gaus. (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Ketua Harian DPW PAN Sumbar, Guspardi Gaus, berharap Amien Rais dkk mengurungkan niat membentuk partai PAN Reformasi. Dia menyatakan Amien Rais adalah sosok yang dihormati di partainya.

"Adanya niat atau gagasan itu mendirikan itu tolong dikunyah-kunyah lagi, tolong dipikir-pikirkan lagi demi kemaslahatan masyarakat banyak," kata Guspardi di MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Guspardi menganggap Amien Rais adalah sosok yang dihormati di PAN. Menurutnya, masyarakat di daerah melihat sosok Amien Rais identik dengan PAN.

"Beliau adalah sosok yang disukai dihormati sampai detik ini. Beliau lah yang bukan hanya mendirikan, tapi gagasannya dan sebagainya. Di daerah itu, PAN adalah Amien Rais, Amien Rais adalah PAN," ucap Guspardi.

Menurut Guspardi, jika PAN Reformasi dibentuk, akan timbul sesuatu yang kurang pas. Khususnya berkaitan dengan kepentingan perserikatan partai.

"Kalau ini sampai terwujud tentu menimbulkan sesuatu yang kurang pas bagi kepentingan perserikatan, bagi masyarakat banyak, dan bagi keutuhan kebersamaan," ujar anggota DPR ini.

Wakil Rakyat asal dapil Sumbar II ini mengatakan tidak akan pindah ke PAN Reformasi apabila partai itu dibentuk Amien Rais. Namun, ia berharap PAN Reformasi tidak dibentuk.

"Jelaslah, insyaallah nggak. Saya harap itu jangan sampai muncul, kalau seandainya muncul insyaallah tetap pada kepemimpinan saya sekarang," tuturnya.

Sebelumnya, lewat loyalisnya, Amien Rais gencar dikabarkan akan membentuk partai baru yang dinamai 'PAN Reformasi'. Partai baru Amien Rais itu akan dideklarasikan pada Desember 2020.

"Dari 30 nama yang diusulkan memang yang menguat Partai PAN Reformasi. Bukan singkatan ya, jadi PAN Reformasi, itu yang menguat," kata loyalis Amien Rais, Agung Mozin, kepada wartawan, Sabtu (29/8).

Kemunculan PAN Reformasi disikapi dengan cibiran oleh putra Amien Rais, yakni Mumtaz Rais. Mumtaz menyebut PAN Reformasi sebagai PAN Halusinasi.

"Mereka (anggota Dewan dan kepala daerah PAN) semua sibuk bekerja, bukan seperti para pengangguran itu yang luntang-lantung berhalusinasi mau bikin partai. Kalau memang PAN halusinasi (baca: PAN Reformasi) ini sampai beneran terbentuk dan diisi oleh seperempat saja dari anggota Dewan kita yang berjumlah sekitar 1.500-an, maka saya sebagai Ketua PoK DPP penjaga tangguh benteng PAN ini, akan berenang dari pantai Kapuk sampai Labuan Bajo, sebagai bentuk giveaway, persembahan dari saya," kata Mumtaz kepada wartawan, Senin (31/8).

Tonton juga video 'Cerita Zulhas Pernah Ditawari Jadi Menteri oleh Amien Rais':

[Gambas:Video 20detik]



(hel/tor)