Ali Baal Sambangi Maestro Seni Sulbar yang Sakit, Minta Dokter Merawat

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 22:20 WIB
Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar, menyambangi maestro seniman tradisional Mandar, Cammana (Abdy Febriady/detikcom)
Foto: Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar, menyambangi maestro seniman tradisional Mandar, Cammana (Abdy Febriady/detikcom)
Polman -

Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar, menyambangi maestro seniman tradisional Mandar, Cammana. Cammana sudah beberapa bulan belakang terbaring sakit di rumahnya.

Ali Baal datang menjenguk setelah mendengar kabar soal wanita berusia 85 tahun itu. Dia datang ke rumah Cammana yang beralamat di Kelurahan Limboro, Kecamatan Limboro, Kabupaten Polewali Mandar.

Selain untuk memberi semangat, pada kesempatan itu, Ali Baal menyarankan agar Cammana menjalani perawan di rumah sakit (RS). Namun Cammana menolak dan menyatakan perawatan terhadap dirinya cukup di rumah saja.

Ali Baal mendoakan Tuhan memberi yang terbaik kepada wanita kelahiran 1935 itu. Dia berharap Cammana sembuh.

"Sebagai hamba Tuhan, kita selalu berdoa diberikan yang terbaik. Bunda Cammana diberi kekuatan, diangkat penyakitnya dan segera sembuh," ungkap Ali Baal sambil menggenggam erat tangan Cammana, Kamis (3/9/2020) sore.

Cammana sempat memaksakan diri bangun dari pembaringan saat mengetahui kedatangan Ali Baal. Namun, Ali Baal memintanya tetap berbaring.

"Tidak usah bangun, jangan banyak berpikir, harus banyak istirahat," kata Ali Baal.

Setelah mendengar penjelasan pihak keluarga soal kondisi Cammana yang sudah beberapa lama tidak bisa menelan makan, Ali Baal meminta Camat Limboro, Haidir Jamal, menghubungi dokter untuk memberi perawatan di rumahnya.

"Hubungi dokter, supaya (petugas kesehatan) datang ke sini memberi perawatan ke beliau. Beliau harus mendapat perawatan serius," pesan Ali Baal kepada Haidir Jamal.

Cammana sejak muda berkiprah sebagai seniman penabuh rebana tradisional dengan sebutan 'parrawana towaine alias penabuh rebana perempuan Mandar. Telah beberapa kali tampil di panggung nasional bersama grup Kiai Kanjeng Emha Ainun Najib (Cak Nun). Dia juga turut ikut silaturahmi kebudayaan se-Asia di Singapura pada 1994.

Kiprah Cammana sebagai salah satu seniman tradisional yang bertalenta, telah mendapat pengakuan dari pemerintah. Berupa Satya Lencana Kebudayaan dari Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia juga diberi penghargaan sebagai Maestro Kesenian Tradisional dari Menteri Pariwisata dan Kebudayaan.

(jbr/jbr)