Round-Up

Perjalanan Kasus Brotoseno Terjerat Suap hingga Bebas Bersyarat

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 06:33 WIB
AKBP Raden Brotoseno divonis hukuman pidana 5 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (14/6/2017). Brotoseno disebut terbukti bersalah menerima suap.
Raden Brotoseno. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Rangkaian proses hukum terpidana kasus suap cetak sawah Raden Brotoseno berakhir. Brotoseno yang divonis 5 tahun bui itu kini bebas bersyarat.

Pria yang disebut pernah dekat dengan Angelina Sondakh itu telah menjalani masa tahanan lima tahun sejak 18 November 2016. Terbaru, Kepala Bagian Humas dan Protokol Rika Aprianti menyampaikan Brotoseno bebas bersyarat sejak 15 Februari 2020.

Berikut Perjalanan Kasus Brotoseno Terjerat Suap hingga Bebas Bersyarat:

Bebas Bersyarat

Brotoseno ternyata sudah bebas bersyarat sejak Februari 2020.

"Raden Brotoseno bin R. Bambang Prijo Sudibjo merupakan narapidana yang menjalani masa pidana di Lapas Kelas I Cipinang atas kasus korupsi atau melanggar Pasal 12 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Rika Aprianti dalam siaran pers yang diterima wartawan, Rabu (2/9/2020).

"Bahwa yang bersangkutan telah bebas bersyarat pada 15 Februari 2020," imbuhnya.

Brotoseno terbukti menerima suap dari pengacara Harris Arthur melalui Lexi Mailowa. Rika mengatakan Brotoseno ditahan sejak 18 November 2016. Saat itu dia diwajibkan menjalani hukuman pidana selama 5 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan.

Berikut rincian data pemidanaan untuk Brotoseno seperti disampaikan Rika:

- Ekspirasi awal pada 18 November 2021
- Potong Tahanan (Remisi) selama 13 bulan 25 hari
- Ekspirasi Sebenarnya pada 29 September 2020

"Bahwa yang bersangkutan telah memenuhi syarat administratif dan substantif untuk mendapatkan hak remisi dan pembebasan bersyarat sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 3 Tahun 2018," ucap Rika.

Dalam status bebas bersyarat, Brotoseno masih punya kewajiban. Dia tidak bebas murni atau sepenuhnya.

"Selama menjalankan pembebasan bersyarat, yang bersangkutan berada dalam bimbingan Balai Pemasyarakatan Jakarta Timur-Utara sebagai Klien Pemasyarakatan," kata Rika.

Tonton video 'Sudah Move On, Inikah Sosok Kekasih Baru Tata Janeeta?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3