Jejak Brotoseno: Kisah Asmara Bikin Geger KPK, Kena Kasus hingga Bebas

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 14:50 WIB
AKBP Raden Brotoseno divonis hukuman pidana 5 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (14/6/2017). Brotoseno disebut terbukti bersalah menerima suap.
Raden Brotoseno (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Nama Raden Brotoseno kembali menjadi sorotan setelah dikabarkan memacari penyanyi Tata Janeeta. Mantan perwira menengah Polri itu ternyata sudah bebas bersyarat usai ditahan sejak November 2016 untuk menjalani 5 tahun penjara dalam kasus cetak sawah.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Dirjen Pas Kemenkum HAM, Rika Aprianti, mengatakan Brotoseno bebas bersyarat sejak Februari 2020. Dalam menjalani masa pembebasan bersyarat itu, Brotoseno berada dalam bimbingan Balai Pemasyarakatan Jakarta Timur-Utara.

"Raden Brotoseno bin R. Bambang Prijo Sudibjo merupakan narapidana yang menjalani masa pidana di Lapas Kelas I Cipinang atas kasus korupsi atau melanggar Pasal 12 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999," ujar Rika Aprianti dalam siaran pers yang diterima wartawan, Rabu (2/9/2020).

"Bahwa yang bersangkutan telah bebas bersyarat pada 15 Februari 2020," imbuhnya.

Berikut ini jejak Raden Brotoseno hingga akhirnya bebas bersyarat:

Kisah Cinta dengan Angelinda Sondakh

Nama Raden Brotoseno awalnya mulai dikenal publik usai dikabarkan memacari Angelina Sondakh. Brotoseno saat itu bertugas sebagai penyidik KPK, sedangkan Angelina tersandung kasus korupsi proyek Wisma Atlet.

Mabes Polri pun menanggapi soal hal tersebut. Sidang etik pun digelar untuk menentukan pelanggaran yang dilakukan Brotoseno.

"Ya terserah (disidang kode etik atau tidak), bagaimana nanti hasil yang kita terima. Kalau memang di dalam surat itu dikatakan ada indikasi ke sana, ya akan kita tidak lanjuti. Tetapi kalau pengembalian semata dan tidak ada pelanggaran kan tidak bisa juga kita tindak lanjuti," papar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri saat itu, Brigjen Muhammad Taufik di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (13/12/2011).

Di akhir 2011, kisah asmara perempuan yang akrab disapa Angie ini dengan Raden Brotoseno terendus. Cinta bersemi di antara keduanya karena kerap berkomunikasi. Maklum, kala itu Angie adalah saksi dalam kasus proyek Wisma Atlet dengan terdakwa Nazaruddin.

Angie sempat menutup-nutupi hubungannya dengan Brotoseno. Namun Angie setelah itu mulai terbuka soal hubungannya Broto.

Selain itu, Angie bersama Brotoseno juga sempat mengunjungi lokasi pengungsian korban banjir bandang di Dusun Sidorejo, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Namun, Brotoseno enggan turun dan bertahan di dalam mobil Toyota Harier bernopol B-805-PRU warna hitam usai melihat wartawan di halaman pengungsian yang merupakan balai desa setempat, Selasa (28/12/2011).

Tak hanya itu, foto mesra Angie dan Brotoseno juga beredar luas. Ada tiga foto yang beredar di tengah publik pada 2011.

Dua foto sepertinya diambil dalam satu kesempatan yang sama. Angie mengenakan kaus warna merah menyala. Bibirnya disapu lipstik warna senada.

Istri mendiang Adjie Massaid itu mengurai rambut panjangnya di bahu kanannya. Dalam foto ini, Brotoseno mengenakan kemeja kotak-kotak merah dan putih. Dengan mesra Broto memeluk Angie dari belakang. Tangan Brotoseno melingkar di bahu sang Putri Indonesia 2001 itu. Kening Angie yang putih menempel di pipi Brotoseno.

Foto lainnya, Angie dan Brotoseno memamerkan senyum bahagianya. Keduanya memakai pakaian yang sama, hanya angle-nya saja yang berbeda.

Sedangkan di foto ketiga, Brotoseno mengenakan kemeja garis-garis ungu dan putih. Sementara Angie mengenakan pakaian gelap. Keduanya sedikit saling mendekatkan kepala sebelum kamera membidiknya.

Tonton video 'Sudah Move On, Inikah Sosok Kekasih Baru Tata Janeeta?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5