6 Bulan Berlalu, Kapan Sebenarnya Corona Masuk Indonesia?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 11:19 WIB
Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Enam bulan berlalu sejak kasus Corona pertama di Indonesia diumumkan oleh pemerintah. Namun, sempat muncul perdebatan terkait kapan sebenarnya Corona masuk Indonesia.

Wabah virus Corona ini bermula dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada Desember 2019. Wabah ini mengalami fase puncaknya pada Januari 2020.

Sejumlah negara di Asia Tenggara atau anggota ASEAN lantas mulai melaporkan kasus pertama Corona. Kasus pertama yang dilaporkan ini ialah kasus impor dari Wuhan.

Mereka yang melaporkan kasus kasus impor dari Wuhan itu adalah Thailand, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Filipina. Semua negara itu melaporkan kasus pertama Corona pada Januari 2020.

Sedangkan Indonesia pertama kali mengkonfirmasi kasus COVID-19 pada Senin 2 Maret 2020. Ketika itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona yakni perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun.

Kasus pertama tersebut diduga berawal dari pertemuan perempuan 31 tahun itu dengan WN Jepang yang masuk ke wilayah Indonesia. Pertemuan terjadi di sebuah klub dansa di Jakarta pada 14 Februari.

Mitos Indonesia 'kebal' Corona pun patah. Saat itu setidaknya sudah ada 50 negara yang sudah mengkonfirmasi memiliki kasus COVID-19. China sendiri melaporkan ke WHO mengenai adanya beberapa kasus pneumonia aneh di Wuhan pada Desember 2019.

Namun muncul dugaan bahwa 2 kasus itu bukan kasus pertama. Tim pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menilai memprediksi virus Corona telah masuk ke Indonesia sejak minggu ke-3 Januari 2020.

Pernyataan FKM UI didasarkan pada laporan kasus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di salah satu daerah sejak minggu ke-3 Januari 2020. Laporan ODP ini dinilai sebagai bukti telah terjadi penularan Corona secara lokal.

"Kapan virus ini masuk ke Indonesia? Bukan bulan Maret ketika Presiden laporkan keluarga positif. Sebenarnya penularan lokal sudah terjadi, sudah ada ODP di daerah. Sebenarnya kita berasumsi virus itu sudah beredar sejak minggu ke-3 bulan Januari. Jadi ini kasus lokal, bukan penularan impor," kata staf pengajar FKM UI Pandu Riono dalam diskusi online, 19 April silam.

Dia menjelaskan pasien terinfeksi virus Corona bisa menularkan 2-3 orang lainnya dengan waktu penularan rata-rata selama 5 hari. Hal inilah yang menyebabkan sulitnya menekan laju pandemi Corona di Indonesia.

"Ini kita observasi, setiap kasus yang terinfeksi bisa menularkan 2-3 orang lainnya. Itu double time rata-rata 5 hari, dari 10 jadi 20, 40, dan seterusnya. Ini yang menyebabkan pandemi sulit ditekan karena begitu dahsyatnya penularan virus Corona ini," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2