Puan Buka Paripurna HUT Ke-75 DPR, Harmoko Hadir Virtual

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 01 Sep 2020 11:08 WIB
Rapat paripurna DPR pada 25 Agustus 2020 (Rolando/detikcom)
Ilustrasi rapat paripurna DPR pada 25 Agustus 2020. (Rolando/detikcom)
Jakarta - DPR menggelar rapat paripurna khusus dalam rangka memperingati HUT ke-75 DPR RI hari ini. Para mantan Ketua DPR periode sebelumnya turut hadir secara virtual.

Rapat digelar di ruang rapat paripurna, gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/9/2020). Rapat dibuka Ketua DPR Puan Maharani pukul 10.25 WIB. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Rachmat Gobel turut hadir secara fisik.

Dalam paripurna khusus kali ini, Puan tak menyebutkan kehadiran anggota seperti dalam rapat-rapat paripurna sebelumnya. Sebelum membuka rapat, Puan menyapa para tamu undangan yang hadir secara fisik ataupun virtual.

"Ketua dan Wamil Ketua DPR RI periode sebelumnya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu yang hadir juga secara virtual," kata Puan.

Puan lalu membuka rapat. Rapat paripurna dinyatakan terbuka untuk umum.

"Perkenankan kami selaku pimpinan Dewan membuka rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT DPR RI ke-75 masa persidangan I pada hari Selasa, 1 September 2020. Kami nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," ujar Puan saat membuka rapat.

Paripurna peringatan HUT DPR setiap tahun dilaksanakan tepat di hari ulang tahun DPR pada 29 Agustus. Namun, paripurna baru dilaksanakan hari ini karena HUT DPR tahun ini jatuh pada Sabtu.

"Kita sepakati dalam rapat konsultasi pengganti rapat Badan Musyawarah DPR untuk dilaksanakan pada hari ini, mengingat HUT DPR RI ke-75 jatuh pada hari Sabtu, sehingga pada hari ini kita akan laksanakan 2 kali rapat paripurna," ungkap Puan.

"Mengingat saat ini kita masih dalam situasi pandemi COVID-19, maka sidang paripurna dalam rangka HUT DPR hari ini dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan serta acara yang lebih singkat dan sederhana. Namun tentu saja tidak mengurangi kekhidmatan sidang hari ini," lanjutnya.

Puan lalu menyampaikan pidato dalam rangka HUT ke-75 DPR. Membuka pidatonya, Puan menyapa para mantan Ketua DPR, di antaranya Harmoko, Akbar Tandjung, Agung Laksono, Marzuki Ali, Ade Komarudin, dan Bambang Soesatyo yang hadir secara virtual. (azr/tor)