Round-Up

Sorotan Puan ke Demo Buruh di Depan Kantor Dewan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 22:04 WIB
Ribuan buruh menggelar demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja di depan gedung DPR, Jakarta. Namun mereka tidak menerapkan jaga jarak fisik.
Demo KSPI di depan gedung DPRI RI (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Demo menolak omnibus law RUU Cipta Kerja dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) hari ini disorot oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani. Puan menilai kerumunan dalam aksi demo itu mengganggu kenyamanan masyarakat serta berpotensi menjadi klaster virus Corona (COVID-19).

"DPR RI mengajak kelompok buruh yang memiliki aspirasi untuk berjuang tidak lewat aksi yang berpotensi menimbulkan kemacetan, berpotensi mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya, dan berpotensi jadi klaster penyebaran COVID-19," kata Puan dalam keterangan tertulis, Selasa (25/8/2020).

Meski begitu, Puan mengatakan DPR membuka pintu bagi kelompok buruh untuk menyampaikan aspirasi. "DPR RI, yang merupakan rumah rakyat, membuka pintu bagi kelompok buruh untuk menyampaikan aspirasinya secara legal dan formal dengan mendata berbagai persoalan terkait RUU Cipta Kerja," ucap Puan.

DPR telah menggelar pertemuan dengan 16 perwakilan serikat buruh atau serikat pekerja pada 20-21 Agustus 2020 di Jakarta. Pertemuan itu menghasilkan 4 poin kesepakatan terkait klaster ketenagakerjaan dalam omnibus law RUU Cipta Kerja.

Selanjutnya
Halaman
1 2