Wamenhan Singgung Korsel, Seperti Ini Wajib Militer yang Diikuti Artis K-Pop

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 21 Agu 2020 13:37 WIB
Saengil Chukha Hamnida Oppa Lee Min-ho
Foto ilustrasi: Lee Min Ho saat menjalani wajib militer di negaranya, Korea Selatan. (Dok. Instagram/leeminho__87)
Jakarta -

Pemerintah RI mewacanakan pendidikan militer untuk mahasiswa agar generasi milenial cinta pada negaranya. Di Korea Selatan, bukan hanya pendidikan militer yang diterapkan, tapi wajib militer (wamil). Bintang-bintang idola kaum milenial ikut patuh memenuhi panggilan negara.

"Kita jangan kalah dengan Korea Selatan, yang mampu mengguncang dunia melalui budaya K-Pop. Jika dilihat dari sudut pertahanan, itu cara mereka melalui industri kreatifnya mempengaruhi dunia. Indonesia harusnya bisa seperti itu karena kita punya seni dan budaya yang banyak," ujar Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono kepada wartawan, Minggu (16/8).

Memang, sederet bintang K-Pop telah ikut wajib militer. Keikutsertaan para idola di aktivitas dalam negeri asal mereka tak hanya tersorot publik Korsel, tapi juga menjadi perhatian publik dunia. Terang saja, K-Pop sangatlah populer akhir-akhir ini.

Siwon di MiliterFoto ilustrasi: Siwon dari Super Junior di Militer (Foto: Instagram)

Sebut saja leader boyband 'Super Junior' bernama Leetuk. Dia menjalani wajib militer pada 2012. Aktor tenar Lee Min Ho menjalani wajib militer mulai 15 Mei 2018 hingga setahun. Member EXO bernama Suho ikut wajib militer mulai Mei lalu.

Selain mereka bertiga, ada banyak sekali nama terkenal dari Korea yang ikut wajib militer. Dari dunia sepakbola, ada penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung Min, yang sebenarnya bebas wamil tapi toh ikut juga saat Liga Inggris berhenti di masa pandemi COVID-19. Dia ikut wamil tiga pekan.

Tonton video 'Blak-blakan Wamenhan: 3 Industri Pertahanan Unggulan':

[Gambas:Video 20detik]



Begini penjelasan mengenai wajib militer di Korea Selatan:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4