Round-Up

Lokasi Unik Pengibaran Merah Putih: Laut hingga Gunung

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 21:30 WIB
Upacara di bawah laut (dok. Istimewa)
Foto: Upacara di bawah laut (dok. Istimewa)

Gunung

Pengibaran bendera Merah Putih digelar di Gunung Dempo, Pagaralam, Sumatera Selatan. Upacara dipimpin oleh Wakapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Brigjen Rudi Setiawan. Sebelum melakukan pengibaran bendera Merah Putih, puluhan tim dilepas Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri dari Palembang, Jumat (14/8/).

Upacara HUT RI ke-75 di Gunung Dempo (dok. Istimewa)Upacara HUT RI ke-75 di Gunung Dempo (dok. Istimewa) Foto: Upacara HUT RI ke-75 di Gunung Dempo (dok. Istimewa)

Rudi menyebut pelaksanaan upacara dan pengibaran Merah Putih dilakukan bersama masyarakat Pagaralam dan pecinta alam. Hal ini sebagai rasa syukur menjadi bagian bangsa Indonesia.

Selat Sunda

Pengibaran bendera di Selat Sunda ini diikuti oleh berbagai kelompok masyarakat. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah, dan komandan upacara adalah AKBP Hendri Gunawan.

Sejumlah penyelam ikut hadir sebagai peserta upacara. Pengibaran bendera bawah laut di tengah pandemi COVID-19 dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Bendera Merah Putih berkibar di Selat SundaBendera Merah Putih berkibar di Selat Sunda Foto: dok. Istimewa

Awak kapal KAL Tamposo I-3-34, KAL Anyer I-3-64, Patkamla Panaitan, KN Darupada BASARNAS, kapal patroli 2005 Polairud, Sea Rider Kopassus hingga perahu-perahu nelayan masyarakat Pulau Sangiang juga berpartisipasi dengan mengikuti detik-detik Proklamasi, dengan berdiam sejenak pada posisi hormat kepada bendera Merah Putih yang berkibar di Tiang Gapel KAL Anyer I-3-64 selama 3 menit.

Tapal Batas Papua

Untuk pertama kalinya, masyarakat Kampung Mosso di tapal batas RI-Papua Nugini, melaksanakan upacara bendera di momen perayaan kemerdekaan RI. HUT ke-75 Kemerdekaan RI dirayakan di batas negara.

Upacara bendera digelar di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, di ujung Kota Jayapura. Uniknya upacara tersebut tidak hanya dihadiri masyarakat lokal saja, melainkan Warga Negara PNG yang bermukim sementara di kampung tersebut mengikuti upacara bendera dalam rangkaian HUT ke-75 RI.

Halaman

(imk/imk)