HUT RI Ke-75, Bendera Merah Putih Berkibar di Bawah Laut Selat Sunda

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 14:49 WIB
Bendera Merah Putih berkibar di Selat Sunda
Bendera Merah Putih berkibar di Selat Sunda (Foto: dok. Istimewa)
Cilegon -

Sang saka Merah Putih berkibar di bawah laut Selat Sunda. Pengibaran bendera Merah Putih tersebut dalam rangka upacara HUT Kemerdekaan ke-75 RI.

Pengibaran bendera di bawah laut diikuti oleh berbagai kelompok masyarakat. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah, dan komandan upacara adalah AKBP Hendri Gunawan.

Upacara pengibaran bendera juga diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cilegon. Sejumlah penyelam ikut hadir sebagai peserta upacara. Pengibaran bendera bawah laut di tengah pandemi COVID-19 dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

"Selain guna memelihara nasionalisme akan cinta Tanah Air, kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pesan bagi seluruh masyarakat Indonesia di tengah pandemi COVID-19 yaitu melalui tema 'Dengan semangat kemerdekaan, bersama lawan pandemi COVID-19 dan patuhi protokol kesehatan', dengan harapan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia dapat turun bahkan hilang sama sekali," kata Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah, Senin (17/8/2020).

Bendera Merah Putih berkibar di Selat SundaBendera Merah Putih berkibar di Selat Sunda (Foto: dok. Istimewa)

Setelah pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut, seluruh peserta upacara bawah laut dan seluruh awak kapal, mulai dari KAL Tamposo I-3-34, KAL Anyer I-3-64, Patkamla Panaitan, KN Darupada BASARNAS, kapal patroli 2005 Polairud, Sea Rider Kopassus bahkan perahu-perahu nelayan masyarakat Pulau Sangiang mengikuti detik-detik Proklamasi, dengan berdiam sejenak pada posisi hormat kepada bendera Merah Putih yang berkibar di Tiang Gapel KAL Anyer I-3-64 selama 3 menit.

Pengibaran bendera bawah laut dilakukan dengan khidmat. Seluruh penyelam kembali ke permukaan setelah upacara selesai.

Peserta upacara dan kelompok masyarakat yang ikut kemudian berpindah lokasi ke Pulau Sangiang, Serang, Banten untuk membagikan sembako.

"Dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial dengan memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat nelayan Pulau Sangiang di atas Kapal TNI AL KAL Anyer I - 3 - 64. Di mana sembako yang diberikan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat beserta keluarganya, khususnya di tengah situasi pandemi COVID-19. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut adalah bentuk sinergitas antara TNI, Polri, Pemerintah dan masyarakat dalam memerangi COVID-19," ujarnya.

(azr/azr)