Wakapolda Sumsel Pimpin Upacara HUT RI Ke-75 di Gunung Dempo

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 16:41 WIB
Upacara HUT RI ke-75 di Gunung Dempo (dok. Istimewa)
Upacara HUT RI ke-75 di Gunung Dempo (dok. Istimewa)
Palembang -

Wakapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Brigjen Rudi Setiawan mendaki Gunung Dempo di Pagaralam bersama tim ekspedisi. Rudi kemudian memimpin upacara HUT RI ke-75 di Gunung Dempo.

Sebelum melakukan pengibaran bendera Merah Putih, puluhan tim dilepas Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri dari Palembang, Jumat (14/8/). Setiba di Pagaralam, tim melanjutkan perjalanan pada Minggu (16/8) pagi.

Setelah menempuh 10 jam perjalanan, Rudi dan rombongan tiba di puncak Gunung Dempo. Mereka kemudian menggelar upacara pada ketinggian 3.173 meter di atas permukaan laut pada Senin (17/8/2020).

"Pada hari ini, Senin 17 Agustus 2020 pukul 08.00 tadi kami melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI," kata Rudi.

Rudi menyebut pelaksanaan upacara dan pengibaran Merah Putih dilakukan bersama masyarakat Pagaralam dan pecinta alam. Hal ini sebagai rasa syukur menjadi bagian bangsa Indonesia.

"Ini adalah suatu wujud rasa syukur kami dan bangga sebagai bangsa warga negara Indonesia. Kami bersyukur ada di tengah keindahan alamnya, kami berada di puncak Gunung Dempo dan mengibarkan bendera Merah Putih," kata Rudi.

Dia berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan. Tentu saja, ini sebagai salah satu rasa syukur dan kebanggaan kepada bangsa Indonesia yang kaya alamnya.

"Tradisi ini harus terus dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan terhadap bangsa dan alam yang luar biasa ini. Begitu indah, sejuk dan ini semua karena kekuasaan Allah SWT. Dari pendakian kemarin mulai pagi kami semua sampai dengan selamat dan sehat walafiat," kata Rudi.

(ras/haf)