ADVERTISEMENT

Sejarah Lomba Makan Kerupuk dan Panjat Pinang yang Kini Hilang Saat Pandemi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 11:48 WIB
172 Batang Pohon Pinang Meriahkan HUT RI ke 72

Ratusan warga mengikuti panjat pinang Kolosal dalam rangka merayakan HUT ke 72 RI di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Kamis (17/8). Sebanyak 172 batang pohon pinang disediakan untuk warga dengan berbagai macam hadiah menarik. Grandyos Zafna/detikcom
Ilustrasi (Lomba panjat pinang tahun 2017) (Grandyos Zafna/detikcom)

Menurut Fadly, lomba makan kerupuk menjadi salah satu lomba pertama yang diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia kala itu. Hal ini karena kerupuk identik sekali sebagai makanan rakyat jelata di masa perang. Lomba ini diniatkan agar rakyat Indonesia selalu ingat pada masa perjuangan yang susah, yang mengharuskan rakyat hanya makan nasi dan kerupuk.

"Jadi dengan makan nasi dan kerupuk, tanpa kecap dan garam pun mereka (rakyat jelata di saat perang) sudah bisa bertahan hidup," papar Fadly.

Namun, kini lomba-lomba itu kini belum bisa kita ikuti lagi. Karena masa pandemi, pemerintah setempat meminta warga tidak dulu menggelar lomba 17 Agustus.

Misalnya, di Jakarta, pada 13 Agustus 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga Jakarta tidak menggelar kegiatan yang dapat mengumpulkan massa selama pandemi virus Corona (COVID-19) usai kembali memperpanjang PSBB transisi. Hal itu bertujuan mencegah terjadinya penularan virus Corona semakin masif.

Imbauan senada disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Namun, Ganjar mempersilakan masyarakat menggelar tradisi tirakatan menjelang HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus. Jika memang ingin memeriahkan kemerdekaan dengan lomba, dia minta dilakukan secara virtual.

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito memberikan gambaran perlombaan yang bisa digelar memperingati HUT RI ke-75 tetapi harus tetap dilakukan disiplin dengan protokol kesehatan. Dia mencontohkan lomba yang cocok dengan masa pandemi ini seperti lomba senam berjarak.

Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia


(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT