Round-Up

Macet Tak Terelak Kala Long Weekend di Puncak

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 04:54 WIB
Kepadatan terlihat di jalur puncak Bogor saat masa libur panjang. Tak sedikit wisatawan yang memilih keluar dari kendaraannya sembari menunggu kemacetan reda.
Potret kemacetan yang terjadi dari arah Jakarta ke Puncak (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta -

Libur panjang menjelang perayaan Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus 2020 menjadi momentum bagi warga Ibu Kota untuk bepergian. Puncak lagi-lagi menjadi pilihan meski saat ini pandemi virus corona baru (COVID-19) belum benar-benar mereda.

Arus kendaraan pribadi dari Jakarta menuju ke Puncak di Kabupaten Bogor terpotret pada Minggu, 16 Agustus 2020. Kepolisian mencatat ada peningkatan volume arus yang signifikan dibandingkan hari-hari biasanya.

"(Peningkatan volume kendaraan) 35 persen-an sampai 40 persen," ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda kepada detikcom.

Sekitar pukul 10.30 WIB pagi tadi kemacetan tampak di beberapa titik dari Jakarta ke arah Puncak. Salah satunya disebutkan berada jalur keluar Tol Ciawi yang mengarah ke Simpang Gadog.

"Ya (macet) kan karena antrean. Antrean dari gate Tol Ciawi ke Simpang Gadog kan itu kan jalur mengecil, lebar jalan mengecil. Otomatis dengan volume kendaraan lebih banyak, terjadilah antrean," kata Fitra.

Untuk mengatasi antrean panjang, polisi pun memberlakukan sistem satu arah atau one way dari Simpang Gadog ke Puncak Pass. Pemberlakuan one way itu disebut dilaksanakan situasional.

Kondisi jalur Puncak, Minggu (16/8) macet di kedua arah dan sempat hujanKondisi jalur Puncak, Minggu (16/8), macet di kedua arah dan sempat hujan (Foto: Sachril Agustin/detikcom)

Lepas siang hari sekitar pukul 13.52 WIB detikcom memantau penutupan arus dari Cisarua ke Ciawi atau dari arah Ibu Kota ke Puncak. Tampak di sekitar Simpang Pasir Angin ada sedikit kemacetan lantaran mobil dan motor yang mencoba masuk ke arah Pasir Angin dari Jalan Raya Puncak.

Dari sekitar Jembatan Selarong, ada banyak kendaraan yang mengarah ke atas. Baik mobil atau motor memadati jalur Puncak dari arah Ciawi menuju Puncak Pass. Kebanyakan yang berada di jalur ini adalah kendaraan berpelat B.

Selanjutnya
Halaman
1 2