Seorang Lurah, Sekretaris dan Staf di Tanah Sareal Bogor Positif Corona

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 10:37 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Bogor -

Seorang lurah di Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Selain lurah, sekretaris lurah dan seorang staf juga terpapar.

"Jadi Senin (10/8) sore (diketahui) 1 positif (COVID-19, yaitu) staf saya. Selasa (11/8) pagi tambah dua orang lagi, lurah dan sekretaris lurah," kata Camat Tanah Sareal Kota Bogor Sahib Khan saat dihubungi, Rabu (12/8/2020).

Sahib menjelaskan ketiganya diketahui positif COVID-19 dari hasil swab test yang dilakukan Rabu (29/7). Ketiganya berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan saat ini melakukan isolasi mandiri di rumah.

Sahib melanjutkan pelacakan kontak dekat juga tengah dilakukan. Dia mengungkapkan, sebelumnya pada Senin (10/8), sang lurah mengikuti rapat bersamanya dan para lurah di Tanah Sareal.

"Senin itu masih rapat dengan saya, Senin (10/8) sore. Rapat totalnya (ada) 9 orang, lurah 8 dengan saya jadi 9 (orang). Berarti saya, camat dengan semua lurah (sisanya menjadi) ODP (orang dengan pemantauan)," ungkapnya.

Kendati demikian, Sahib mengatakan kantor kelurahan tempat lurah itu bekerja tidak ditutup. Penutupan tidak dilakukan karena banyak warga yang membutuhkan pelayanan administratif kependudukan.

"Jadi kantor tidak tutup, tapi tetap ada petugas yang piket, baik staf maupun pejabat struktural. Khawatir ada warga yang memang membutuhkan pelayanan yang mendesak. Singkat cerita, kalau WFH (work from home) 50 persen, kalau untuk yang di kelurahan tersebut (cuma ada) 3-4 orang. Nah kecamatan menerapkan sistem WFH juga," tandas Sahib.

(mae/mae)