Erupsi Gunung Sinabung Bikin Ribuan Hektare Kebun Warga Rusak Berat

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 20:07 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di jalan yang dipenuhi debu vulkanik pasca erupsi Gunung Sinabung,  di Desa Sigarang-garang, Karo, Sumatera Utara, Sabtu (8/8/2020). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 2.000 meter. ANTARA FOTO/Sastrawan Ginting/Lmo/hp.
Debu vulkanik pasca-erupsi Gunung Sinabung, di Desa Sigarang-garang, Karo, Sumatera Utara, Sabtu (8/8/2020). (Sastrawan Ginting/Antara Foto)
Medan -

Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara (Sumut), erupsi beberapa kali dalam tiga hari terakhir. Akibat erupsi Gunung Sinabung, ribuan hektare kebun warga rusak berat.

"(Seluas) 1.843 ha sesuai data pertanian. Kerusakan hampir rusak berat semua. Bagi tanaman yang bisa dibersihkan akan dipakai alat blower dari Dinas Pertanian," kata Plt BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin Angin saat dimintai konfirmasi, Selasa (11/8/2020).

Natanail menyebutkan kerusakan terberat terdapat di empat kecamatan yang ada di Karo. Sejauh ini, kata Natanail, penanganan pasca-erupsi Gunung Sinabung terus berlanjut.

Pihaknya membagikan masker dan mengimbau warga menjauh dari zona merah.

"Dampak terberat di Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Merdeka, Kecamatan Berastagi, dan Kecamatan Dolatrayat. Penanganannya, lanjutan pembersihan abu vulkanik tetap kita laksanakan, pembagian masker dan imbauan kepada warga agar menjauhi zona merah. Hari ini juga tadi kita rapat untuk memetakan kekuatan dan memetakan penanganan dampak," sebut Natanail.

"Aktivitas seperti biasa namun terganggu dampak abu vulkanik," sambungnya.

Terkait erupsi Gunung Sinabung, Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta warga waspada terhadap lahar dingin dari Gunung Sinabung.

Edy menyebut pihaknya akan melakukan pendataan dampak erupsi, termasuk di sektor pertanian. Edy mengatakan pihaknya bakal menyalurkan bantuan kepada warga terdampak erupsi Sinabung.

"Kita mewaspadai lahar dingin, hujan. Rakyat kita imbau, semua aparat mewaspadai ini hingga rakyat saya nanti kalau itu terjadi tidak ada korban," kata Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Selasa (11/8).

Edy mengimbau warga mematuhi arahan petugas di lapangan terkait erupsi Gunung Sinabung. Dia meminta warga patuh agar tidak menimbulkan korban.

"Lakukan, patuhin arahan petugas di lapangan. Untuk rakyat saat ini erupsi yang berkali dan sampai saat ini belum terhenti, belum berhenti. Hanya berhenti beberapa waktu, satu tahun, sekarang udah erupsi kembali tetap waspada dan jangan langgar hal-hal yang sudah dijadikan patokan menjadi perintah untuk tidak dimasuki oleh masyarakat," ujar Edy.

Tonton video 'Detik-detik Gunung Sinabung Erupsi Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)