Abu Tipis Terlihat Keluar dari Gunung Sinabung Hari Ini

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 10:58 WIB
Gunung Sinabung (dok. Istimewa)
Foto: Gunung Sinabung (dok. Istimewa)
Karo -

Abu tipis disebut terlihat keluar dari Gunung Sinabung hari ini. Gunung Sinabung sendiri masih berada pada level III atau siaga.

"Abu tipis masih keluar dari puncak ini hasil pantauan dari vulkanologi," kata Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo Indriyono, saat dimintai konfirmasi, Selasa (11/8/2020).

Dia mengatakan polisi tergabung bersama satgas dari sejumlah instansi untuk menangani dampak dari erupsi Gunung Sinabung. Yustinus mengatakan personel Satgas juga melakukan penjagaan agar warga tak mendekat ke radius berbahaya.

"Kita bekerja tidak sendiri tetapi bersama-sama dengan satgas dengan sistem patroli dan ronda untuk memonitor situasi dan melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tidak masuk ke zona merah," ucapnya.

Yustinus meminta warga patuh terhadap larangan mendekat ke zona berbahaya. Warga juga diminta selalu memakai masker agar terhindar dari bahaya menghirup abu vulkanik.

"Tetap pakai masker supaya tidak menghirup abu vulkanik karena dapat mengganggu kesehatan," ujarnya.

Sebelumnya, erupsi Gunung Sinabung terjadi dua kali pada Senin (10/8). Tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter pada erupsi pertama dan 2.000 meter pada letusan kedua.

Kedua erupsi itu terjadi dalam selang waktu 1 jam. Hujan abu vulkanik pun kembali terjadi di Karo.

Tonton video 'Detik-detik Gunung Sinabung Erupsi Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)