Berapa Usia Buaya 'Siluman' yang Dipenggal di Babel? Ini Perkiraan LIPI

Haris Fadhil - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 10:44 WIB
Buaya berukuran besar diarak menggunakan bulldozer.
Screenshoot video buaya 'siluman' di Babel.
Medan -

Seekor buaya muara berukuran panjang 4,8 meter dengan berat sekitar 500 kilogram ditangkap dan kemudian kepalanya dipenggal warga setelah buaya itu mati karena dianggap sebagai 'siluman'. Sebenarnya, berapa usia buaya 'siluman' tersebut?

Peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Hellen Kurniati, menjelaskan, ukuran buaya pada usia tertentu bakal tumbuh secara linier. Namun pertumbuhan ukuran buaya akan melambat ketika hewan tersebut mencapai usia tertentu.

"Kalau makhluk hidup, dia baru tumbuh itu dia akan linier pertumbuhannya. Kemudian ada satu waktu yang dia pertumbuhannya melambat. Jadi kurvanya itu nggak lurus, jadi pertumbuhannya pada umur tertentu dia akan melambat, nggak linier. Di reptil juga begitu," ujar Hellen, Sabtu (9/8/2020).

Dia kemudian membandingkan ukuran buaya 'siluman' itu dengan penelitian buaya yang dilakukan di Australia. Hellen menyebut berdasarkan penelitian di Australia, buaya mencapai panjang 3 meter ketika sudah berumur 5 tahun.

"Kalau di Australia, ini paling maju penelitian buaya muara. Itu dengan panjang 3 meter, itu dia sudah berumur 5 tahun. Saya pikir itu masih linier ya pertumbuhannya," ucap Hellen.

Berdasarkan penelitian itu, Hellen memperkirakan buaya 'siluman' di Babel sudah berusia 20 tahun. Dia menilai pertumbuhan buaya itu sudah melambat.

"4,8 meter itu saya perkirakan karena dia mulai melambat kalau ukuran tubuh segitu. Saya perkirakan itu sudah 20 tahun karena panjang 7 meter yang di Australia itu umurnya 50 tahun," tuturnya.

Tonton video 'Buaya Viral Diangkut Buldoser Telah Mati, Kepala Dipenggal Sebelum Dikubur':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2