Polisi Limpahkan Kasus Korupsi Eks Kadis PU Musi Banyuasin ke Kejaksaan

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 17:47 WIB
Polisi limpahkan berkas kasus dugaan korupsi Eks Kadis PU Musi Banyuasin (Raja-detikcom)
Polisi melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi eks Kadis PU Musi Banyuasin. (Raja/detikcom)
Musi Banyuasin -

Polisi melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi pembangunan gedung serbaguna Pemkab Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, ke kejaksaan. Kasus ini menjerat mantan Kepala Dinas PU Cipta Karya Musi Banyuasin Zainal Arifin sebagai tersangka.

"Hari ini kami melimpahkan berkas terkait penetapan tersangka ZA, mantan Kepala Dinas PU Cipta Karya, atas dugaan tindak pidana korupsi gedung serbaguna Sekayu ke Kejari Musi Banyuasin," kata Wakapolres Musi Banyuasin Kompol Irwan Andeta kepada wartawan, Kamis (6/8/2020).

Menurut Irwan, Zainal ditetapkan sebagai tersangka pada 2019. Kasus ini diduga merugikan keuangan negara hingga Rp 3 miliar.

"Penetapan tersangka ZA ini setelah kami menindaklanjuti keterangan dari keempat tersangka sebelumnya. Di mana keempat tersangka, DA selaku PPK dan tiga orang kontraktor JN, HR, dan AR sudah divonis di pengadilan Tipikor Palembang," kata Irwan.

Dia mengatakan berkas penyidikan sebenarnya lengkap sejak Mei 2020. Namun pelimpahan ditunda karena virus Corona merebak.

"5 Mei berkas sudah dinyatakan lengkap atau P21, tetapi karena COVID tersangka tidak bisa kita limpahkan. Maka hari ini kami sampaikan pelimpahan itu," ucap Irwan.

Zainal menjabat Kepala Dinas PU Cipta Karya Musi Banyuasi pada 2012-2016. Proyek yang merugikan negara dari pagu anggaran APBD itu diduga terjadi pada 2015.

(ras/haf)