Komnas Perempuan: Seleb dalam Prostitusi Artis Adalah Korban

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 02 Agu 2020 12:17 WIB
Ilustrasi artis-artis yang pernah berurusan dengan isu prostitusi artis. (Repro detikcom)
Ilustrasi artis-artis yang pernah berurusan dengan isu prostitusi artis. (Repro detikcom)
Jakarta -

Sejumlah selebritis perempuan berurusan dengan kasus prostitusi artis. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyatakan para seleb adalah korban yang terjebak, bukan pihak yang perlu dijerat pidana.

"Dalam hal ini selebriti merupakan korban perdagangan orang," kata Komisioner Komnas Perempuan, Veryanto Sitohang, dalam komentarnya mengenai prostitusi artis, seperti disampaikan kepada detikcom, Minggu (2/8/2020).

Komnas Perempuan mendorong pemerintah menyosialisasikan bahaya perdagangan orang. Dalam kasus prostitusi artis, artis adalah pihak yang terjebak dalam bisnis jahat itu.

"Saya pikir tidak ada seorang pun yang menikmati terjadinya kekerasan seksual seperti prostitusi. Itu karena terjebak dalam berbagai situasi misalnya keterbatasan ekonomi," tutur Veryanto.

Dalam prostitusi artis, Veryanto menjelaskan, pihak yang diuntungkan adalah pelaku perdagangan orang. Muncikari harus dijerat pidana. Selain muncikari, pemesan/konsumen/pengguna prostitusi artis harus dijerat pidana.

"Maka pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan orang termasuk pengguna prostitusi online seharusnya dijerat dengan menggunakan UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang," kata Veryanto.

Tonton video 'Tarif Prostitusi Vernita Syabilla Rp 30 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2