Gubsu Edy ke Warga: Ambil Berkah Idul Adha, Takbiran di Masjid Saja

Ahmad Arfah - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 14:08 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mengimbau warga untuk mengambil berkah Hari Raya Idul Adha 1441 H. Dia mengimbau warga untuk melakukan takbiran di masjid demi mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Selamat hari raya Idul Adha, berkahnya kita ambil di hari raya haji ini. Untuk kegiatan takbir kita buat di masjid, biar lebih optimal. Karena takbirnya 3 kali ini, 3 hari. Jadi takbir 3 hari di masjid. Dalam kondisi COVID-19 ini," kata Edy di rumah dinas Gubsu, Kamis (30/7/2020).

Edy meminta warga tidak melakukan takbir keliling. Edy menilai hal takbiran keliling berpotensi menyebabkan penyebaran virus Corona semakin meluas, termasuk ke aparat yang melakukan pengamanan.

"Sedapat mungkin tidak dilakukan takbir keliling, saya tidak berharap itu. Untuk menjaga keamanan kita semua, rakyat kita semua. Ini serba salah ini, kalau aparat mengamankan nanti terpapar juga aparat," ujarnya.

Edy mengimbau warga melaksanakan salat Idul Adha di masjid yang terdekat dari rumah. Edy meminta warga tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Di masjid masing-masing (melaksanakan salat Idul Adha), sehingga terpencar dia, tidak terkumpul menjadi satu. Tetap disiplinkan protokol kesehatan," jelasnya.

Sebelumnya, imbauan tidak melakukan takbir keliling juga disampaikan Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin. Dia meminta warga Sumut melaksanakan takbir dari masjid.

"Saya minta bantuan pada saat nanti salat Id, hari raya Idul Adha kami mengimbau dari pihak Polda Sumatera Utara kepada masyarakat tidak perlu melaksanakan takbir keliling. Cukup bertakbir di dalam masjid," kata Martuani di Medan, Rabu (29/7).

Tonton video 'JK Minta Masjid Disterilkan Sebelum Salat Idul Adha dan Jumatan':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)