Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Padang Rayakan Idul Adha Hari Ini

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 14:04 WIB
masjid.
Ilustrasi (Foto: dikhy sasra)
Padang -

Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat, sudah merayakan Idul Adha 1441 Hijriah pada hari ini, satu hari atau lebih awal dari keputusan pemerintah. Para pengikut aliran ini sudah melaksanakan salat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban.

Pelaksanaan salat Id berlangsung di beberapa lokasi jamaah ini berada. Salah satunya di Surau Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Puluhan orang dengan khusyuk melaksanakan salat, meski berada di tengah ancaman pandemi COVID-19.

Menurut Zahar Malin, salah satu Imam tarekat Naqsabandiyah Padang, lebaran yang lebih awal tersebut berpatokan pada perhitungan hisab dan kalender Tarekat bernama hisab Munjid yang dikeluarkan secara turun temurun.

"Berdasarkan penanggalan kita, 10 Zulhijjah atau Idul Adha jatuh pada hari ini, Kamis 30 Juli 2020. Makanya kita sekarang melaksanakan salat Id. Di mana pun pengikut Tareket Naqsabandiyah melaksanakan salat Id hari ini," kata Zahar.Menurutnya, jamaah salat Id bukan hanya berasal dari Kota Padang. Melainkan ada juga dari berbagai daerah, seperti Solok dan Pariaman.

Naqsabandiyah diketahui selalu menetapkan awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha lebih awal dari pemerintah.

Para pengikut Naqsabandiyah umumnya berusia di atas 40 tahun. Di Kota Padang, ada 50 surau dan masjid Naqsabandiyah dengan jamaah lebih dari 1.500 orang.

Selain Naqsabandiyah, di Tanah Minang juga berkembang aliran Sattariyah. Bedanya, kalau Naqsabandiyah melaksanakan lebih awal, Sattariyah biasanya melaksanakan puasa dan lebaran lebih lambat.

Tonton video 'Jelang Idul Adha, Kepala BNPB: Protokol Kesehatan Harga Mati':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)