2 Hari Operasi Patuh 2020, 1.020 Pengendara Ditegur di Kabupaten Bogor

Sachril Agustin B - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 18:46 WIB
KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut
Foto: KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut. (Istimewa)
Bogor -

Polres Bogor melaksanakan Operasi Patuh Lodaya 2020 selama 14 hari, yakni dari 23 Juli sampai 3 Agustus nanti. Dalam 2 hari pelaksanaan, 1.020 pengendara ditegur.

"Selama 2 hari operasi ini, Satlantas Polres Bogor telah melakukan penindakan tilang terhadap 12 pengendara dan teguran terhadap 1.020 pengendara," kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut kepada wartawan, Jumat (25/7/2020).

Ketut mengatakan polisi mengedepankan langkah preemtif, preventif, dan humanis dalam Operasi Patuh Lodaya ini. Dia menjelaskan 1.020 pengendara diberikan teguran karena melanggar lalu lintas dan protokol kesehatan COVID-19.

"Oh macam-macam, karena melawan arus, tidak memakai helm, atau tidak memakai masker, kita tegur. Iya variatif (teguran yang berikan) karena titik fokus kita pada kendaraan lalu lintas. Ketika kita menemukan (pengendara) tidak memakai masker, kita tegur agar memakai masker," ucapnya.

Dia menambahkan Polres Bogor fokus di 6 titik dalam pelaksanaan Operasi Patuh, yakni di Jalan Raya Tegar Beriman, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Cibinong, Citeureup, dan kawasan Puncak. Dalam pelaksanaan operasi ini, lanjutnya, polisi menerapkan hunting system.

"Iya hunting system tidak situasioner. Jadi pas kita patroli, kita menemukan pelanggaran, kita berhentikan, kita setop," ucap Ketut.

Ketut mengatakan operasi ini dilakukan agar kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas meningkat dan bisa menurunkan angka kecelakaan pelanggaran yang terjadi di Kabupaten Bogor. Selain itu, operasi ini bertujuan agar masyarakat patuh dalam protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 ini.

(idh/idh)