Polisi di Subang, Kuningan dan Sumedang Bagikan Ribuan Masker

Bima Bagaskara, M Rizal, Dian Firmansyah - detikNews
Sabtu, 25 Jul 2020 18:12 WIB
Operasi lodaya di sumedang
Foto: Muhammad Rizal
Subang -

Operasi Patuh Lodaya yang digelar di seluruh daerah di Jabar, fokus terhadap razia masker para pengendara. Seperti yang terjadi di Subang, Kuningan, dan juga Sumedang. Polisi tak mengeluarkan surat tilang, namun malah memberikan masker secara cuma-cuma bagi pengendara yang kedapatan tak mengenakan masker.

Di hari ketiga operasi patuh lodaya ini, Polres Subang membagikan 10 ribu masker yang dibagikan secara cuma-cuma. "Operasi Patuh Lodaya ini menitik beratkan kedisiplinan masyarakat, yaitu dalam hal keselamat berlalu lintas kemudian pencegahan penyebaran virus covid-19," kata Kasat LantasSubang AKP Endang Sujana, Sabtu (25/07/2020).

Sementara itu di Kuningan, Polres membagikan 2.500 masker pada pengendara yang melintas. "Selain menyasar yang melanggar lalulintas, kita juga menyasar pengendara yang tidak memakai masker," kata Kasatlantas Polres Kuningan AKP Rizki Syawaludin kepada detikcom Sabtu (25/7/2020).

Menurutnya dalam Operasi Patuh Lodaya yang sudah berjalan selama tiga hari, masih banyak ditemukan pengendara yang tidak menggunakan masker. Namun sejak hari pertama jumlah kedisiplinan masyarakat menggunakan masker mulai meningkat.

Pemberian masker tersebut juga dilakukan tidak hanya bagi pengendara namun juga bagi masyarakat yang ada di Terminal Tipe A Kertawangunan Kabupaten Kuningan.

Di Sumedang, puluhan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum terjaring petugas kepolisian akibat tidak memakai masker saat kegiatan Operasi Patuh Lodaya 2020 yang digelar Satlantas Polres Sumedamg di bundaran Binokasih.

Dari pantauan di lapangan, banyak dari pengendara maupun penumpang yang tidak mengenakan masker saat berpergian, sehingga petugas kepolisian dari satlantas polres Sumedang memberikan himbauan dan juga teguran kepada mereka lalu diberikan masker.

Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Jabar AKBP Agung Reza Pratidina mengatakan, pelaksanaan operasi patuh lodaya kali ini berbeda dengan operasi yang biasa dilaksanakan sebelumnya.

Pasalnya, kata Agung, operasi kali ini tidak hanya melakukan pemeriksaan surat-suarat kendaraan seperti SIM dan STNK, namun juga melakukan pemeriksaan terhadap protokol kesehatan guna pencegahan COVID-19 di lingkungan masyarakat.

"Kita mengedepankan tindakan preventif dan preemtif, dan saat ini pun kita melakukan pembagian masker kepada pengendara yang tak bermasker," kata Agung saat ditemui di lokasi bunderan Binokasih.

Menurutnya selain untuk menciptakan Kamseltibcar lantas atau keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran juga ketertiban masyarakat, pihaknya pun dapat mendisiplinkan masyarakat dengan melakukan pembagian masker.

"Hari ini, total ada 1000 masker yang dibagikan oleh Polres Sumedang kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, sebetulnya Total kurang lebih ada 3500 masker yang akan dibagikan," katanya.

Selain itu, kata Agung, pembagian masker ini akan dilakukan selama operasi patuh lodaya dengan jangka 14 hari ke depan.

"Tidak ada tilang kepada pengendara yang tak bermasker, kita humanis, kita hanya memberikan himbauan dan teguran. Yang paling utama untuk meningkatkan kesadaran masayarakat saja," ucapnya.

(ern/ern)