Bakar Lahan Kosong untuk Dijadikan Kebun, 2 Pria di Jambi Ditangkap

Ferdi Almunanda - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 12:05 WIB
Polisi tangkap 2 pria diduga pembakar lahan di Jambi (Ferdi-detikcom)
Foto: Polisi tangkap 2 pria diduga pembakar lahan di Jambi (Ferdi-detikcom)
Tanjung Jabung Timur -

Tim Reskrim Polres Tanjung Jabung Timur, Jambi, menangkap dua orang diduga pelaku pembakaran lahan kosong. Kedua orang itu diduga membakar lahan untuk dijadikan area perkebunan.

"Lahan kosong itu dibakar bahwa untuk membuka lahan perkebunan. Kedua pelaku pembakaran ini merupakan pemilik lahan dan seorang pekerja," kata Kapolres Tanjung Jabung Timur, AKBP Deden Nurhidayahtullah, kepada wartawan, Kamis (23/7/2020).

Aksi pembakaran lahan kosong itu diduga terjadi pada Senin (20/7). Kedua orang itu adalah Saharudin alias Udin dan Samingun alias Miun. Keduanya diduga membakar lahan 4 hektare.

"Lahan kosong yang dibakar tersebut luasnya kurang lebih 4 hektare. Lalu ketika lahan itu terbakar besar, kemudian mereka melarikan diri hingga tim dari polisi, TNI, Damkar dan warga sekitar lakukan pemadaman. Setelah padam kita lakukan olah TKP hingga pelaku berhasil kita tangkap," ujar Deden.

Lahan kosong yang dibakar itu berada di Nipah Panjang, Tanjabtim, Jambi. Selain dua orang tersebut, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti berupa korek gas, potongan karet ban, parang dan arang kayu bekas pembakaran.

"Atas perbuatan mereka, kedua pelaku ini telah melanggar Pasal 56 Ayat (1) Jo Pasal 108 UU No 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan Jo Pasal 55 KUHP dengan penjara pidana paling lama 10 Tahun dan denda paling banyak Rp 10 miliar," ujar Deden.

(haf/haf)