Pemprov Sumsel Berlakukan Pemutihan Denda Pajak Kendaraan Selama Sebulan

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 10:14 WIB
Herman Deru
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (dok Pemprov Sumsel)
Palembang -

Pemutihan atau penghapusan denda pajak kendaraan bermotor akan diberikan oleh Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) dalam rangka memperingati HUT RI ke-75. Pemutihan ini berlaku sejak 1 Agustus nanti.

"Ya, kami berikan pemutihan denda pajak. Ini akan diberlakukan terhitung 1 Agustus 2020. Ini dalam rangka Hari Kemerdekaan 17 Agustus," ujar Herman saat ditemui di kantor Pemprov Sumsel, Jumat (24/7/2020).

Menurut Herman Deru, pemutihan denda pajak kendaraan ini berlaku selama sebulan atau hingga 1 September 2020. Herman Deru menyampaikan kebijakan pemutihan dapat diperpanjang jika kondisi ekonomi warganya masih terdampak Corona (COVID-19).

"Ini untuk memberikan kemudahan pada masyarakat. Jika ke depan masih perlu ya kita tambah waktunya, kita evaluasi terus," kata Herman Deru.

Pemutihan denda pajak sendiri, menurut Herman Deru, adalah bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. "Jadi ini untuk semua masyarakat umum, siapa pun. Artinya kita beri pengampunan denda pajak baik untuk yang terdampak, lalai hingga menyebabkan terlambat kita berikan pengampunan itu," sebut dia.

Diketahui, hingga 23 Juli kemarin jumlah warga positif COVID-19 mencapai 3.165 orang. Dari angka itu, 144 orang meninggal dunia.

Sebelum Sumsel, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh lebih dulu menghapus denda bagi warga yang sudah nunggak pajak kendaraan bermotor selama bertahun-tahun. Program pemutihan pajak di Aceh berlaku hingga 15 Oktober 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani mengatakan program pemutihan denda pajak yang sudah berjalan sejak 16 Maret lalu sejatinya bakal berakhir pada 16 Juni. Namun karena pandemi COVID-19 belum berakhir sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat, masa pemutihan diperpanjang hingga pertengahan Oktober mendatang.

"Tentu pandemi Corona ini akan menyulitkan masyarakat dalam membayar pajak, terutama pajak kendaraan bermotor. Dengan demikian kami sebagai pembina Samsat di Provinsi Aceh akan memperpanjang masa pemutihan pajak kendaraan bermotor sampai dengan tanggal 15 Oktober 2020," kata Dicky kepada wartawan, Kamis (11/6).

Tonton juga video 'Imbas Corona, Polri Hapus Denda Pajak Kendaraan Sampai Mei':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/aud)