Kemensos Serahkan BST ke Ribuan Warga Suku Anak Dalam yang Tak Punya KTP

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 15:59 WIB
Penyerahan bantuan ke warga Suku Anak Dalam di Jambi (Ferdi-detikcom)
Foto: Penyerahan bantuan ke warga Suku Anak Dalam di Jambi (Ferdi-detikcom)

Warsi sendiri selama ini aktif melakukan pendampingan pada orang rimba. Rudi mengatakan orang rimba yang berada dalam hutan saat ini juga mengalami kesulitan untuk pemenuhan kebutuhan pangan mereka.

"Kami mendorong pemerintah bisa menjangkau orang rimba dengan pemberian bantuan langsung sebagaimana yang dilakukan pada kelompok masyarakat terdampak lainnya," kata Rudi.

Sebagian besar orang rimba Jambi, katanya, belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Kondisi ini dinilainya menjadi penyebab orang rimba belum masuk daftar yang menerima bantuan.

"Orang rimba sebagian besar tidak terikat dengan desa, sehingga ini menyulitkan untuk pencatatan administrasi mereka. Ini juga yang menjadi kendala untuk Orang Rimba bisa mengakses bantuan pemerintah," kata Rudi.

Rudi pun mengapresiasi langkah Kemensos yang memberikan bantuan dengan kebijakan pemberian ID sementara. Nantinya, NIK warga suku anak dalam akan diproses oleh dinas terkait.

"Kami mengapresiasi langkan kementrain sosial yang memberikan bantuan sosial langsung kepada orang rimba, bantuan ini sangat bermanfaat untuk menopang kehidupan orang rimba yang terdampak COVID-19," kata Rudi.

Halaman

(haf/haf)