Warga Temukan Mortir Aktif dalam Karung yang Dibawa Bocah di Medan

Haris Fadhil - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 15:19 WIB
Mortir ditemukan di Medan (dok. Istimewa)
Mortir ditemukan di Medan. (dok. Istimewa)
Medan -

Seorang warga di Medan, Nalom Simangunsong (59), mendatangi kantor polisi dan menyerahkan mortir aktif yang ditemukannya. Nalom mengatakan mortir itu ditemukan dari dalam karung plastik yang dibawa anak-anak di belakang rumahnya.

"Ada tiga anak kecil menenteng karung plastik sebanyak masuk ke belakang rumah, kemudian yang bersangkutan mengusir anak tersebut sambil bertanya 'sedang apa kalian'. Lalu dia memeriksa karung mereka, kemudian di salah satu karung ditemukan satu buah peluru mortir dalam keadaan aktif dan berkarat, lalu mengambil peluru tersebut karena benda berbahaya," kata Kanit Reskrim Polsek Medan Kota, Iptu Ainul Yaqin, saat dimintai konfirmasi, Minggu (19/7/2020).

Yaqin mengatakan Nalom datang ke Polsek Medan Kota pada Sabtu (18/7) malam. Mortir itu, berdasarkan penjelasan Nalom, ditemukan anak-anak tersebut di pinggir sungai daerah Amplas.

"Benda tersebut didapatkan dari pinggir sungai daerah Amplas," ujar Yaqin.

Mortir tersebut kemudian diamankan dan diserahkan ke tim Jibom Brimob Polda Sumut untuk proses lebih lanjut. Kasubden Jibom Gegana Sat Brimob Polda Sumut AKP Daud Pelawi mengatakan pihaknya telah menerima mortir tersebut.

Dia mengatakan mortir seberat 2 kg itu masih aktif. Daud menyebut proses disposal terhadap mortir tersebut bakal dilakukan besok.

"Mortir beratnya 2 kg, satu saja," ucap Daud.

Tonton video 'Mortir Ditemukan Warga di Tengah Sawah di Pasuruan':

(haf/haf)