Melihat Semangat Belajar Anak-anak Rimba di Jambi Meski Fasilitas Terbatas

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 15:37 WIB
Semangat belajar anak-anak Rimba di Jambi (Ferdi-detikcom)
Foto: Semangat belajar anak-anak Rimba di Jambi (Ferdi-detikcom)
Jambi -

Keterbatasan fasilitas tak menjadi penghambat anak-anak Rimba di Jambi dalam menimba ilmu. Anak-anak ini tetap belajar meski tanpa ada ruangan kelas, meja serta kursi seperti sekolah pada umumnya.

Salah satu lokasi yang dijadikan tempat mereka belajar adalah teras salah satu rumah di kawasan Bathin XIV, Kabupaten Batanghari, Jambi. Sekelompok anak-anak rimba Jambi mendapatkan pelajaran membaca dan menulis dari para relawan.

"Sudah 2 tahun ini mengajar. Pelajaran yang diajarkan adalah pelajaran mulai dari membaca dan menulis lalu berhitung 1 sampai 100," kata salah satu pengajar, Besiap Bungo, Minggu (19/7/2020).

Besiap sendiri merupakan orang Rimba yang telah mendapat pendidikan untuk baca-tulis oleh KKI Warsi. Dia mengaku menjadi pengajar bagi anak-anak Rimba di agar mereka tak buta huruf.

Semangat belajar anak-anak Rimba di Jambi (Ferdi-detikcom)Foto: Semangat belajar anak-anak Rimba di Jambi (Ferdi-detikcom)

"Saya mau melihat anak-anak rimba ini pintar, biar mereka bisa membaca maupun menulis tidak dibodohi lagi," ujar Besiap.

Selain itu, Besiap juga bercerita soal dirinya mengikuti pendidikan selama 4 tahun yang diberikan oleh KKI Warsi Jambi sebelum dinyatakan siap untuk mengajar anak-anaka rimba. Sejauh ini ada 4 orang rimba Jambi yang telah dilatih KKI Warsi Jambi untuk menjadi tenaga pengajar bagi anak-anak Rimba di Jambi.

"Kita dari Warsi memberikan bekal pada kader-kader kita dalam menimba ilmu. Mereka kita berikan pendidikan mulai dari membaca dan menulis serta berhitung, lalu ketika mereka telah dianggap telah paham maka kemudian mereka menyalurkan ilmu itu ke anak-anak rimba lainnya," kata staf komunikasi KKI Warsi Jambi, Sukmareni.

Selanjutnya
Halaman
1 2