Jaksa Ajukan Banding Vonis 2 Eksekutor Hakim Jamaluddin

Haris Fadhil - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 13:04 WIB
Sidang kasus hakim Jamaluddin (Datuk Haris Molana-detikcom)
Sidang kasus hakim Jamaluddin (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis yang diterima dua eksekutor kasus pembunuhan hakim PN Medan Jamaluddin, Jefri Pratama dan Reza Fahlevi. Jaksa mengatakan pihak Jefri juga mengajukan banding atas vonis seumur hidup yang dijatuhkan majelis hakim.

"Benar. Untuk Jefri informasi terakhir yang kami terima mereka juga banding, kecuali mereka tidak upaya hukum kami akan tinjau ulang sesuai petunjuk pimpinan," kata Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejari Medan, Parada Situmorang, saat dimintai konfirmasi, Minggu (19/7/2020).

Sementara itu, Parada mengatakan banding terhadap vonis Reza diajukan karena hukuman yang diterima Reza lebih rendah dari tuntutan jaksa. Menurutnya, banding tetap dilakukan meski perbuatan yang didakwakan terhadap Reza dinyatakan terbukti oleh majelis hakim.

"Untuk Reza kami memang harus banding, karena tuntutan penuntut umum seumur hidup sedangkan majelis hakim agak lebih rendah, walaupun pasal yang terbukti majelis hakim dan penuntut umum sama," ucapnya.

Sebelumnya, majelis hakim telah menyatakan tiga terdakwa kasus pembunuhan hakim Jamaluddin terbukti bersalah. Ketiganya dijatuhi hukuman berbeda.

Zuraida, yang juga istri Jamaluddin, dinyatakan bersalah dan divonis hukuman mati. Selanjutnya, Jefri divonis hukuman penjara seumur hidup dan Reza divonis 20 tahun penjara.

Zuraida sendiri telah mengajukan banding. "Banding. Banding," kata pengacara Zuraida Hanum, Onan Purba, saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (5/7).

Tonton video 'Istri Hakim PN Medan Jadi Otak Pembunuhan Suaminya':

(haf/haf)