WN Prancis Tersangka Pencabulan Anak Tewas, Polda Metro Setop Penyidikan

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 21:27 WIB
Gedung Polda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

FAC (65), pria WN Prancis tersangka pencabulan anak di Jakarta, tewas setelah percobaan bunuh diri di sel tahanan. Dengan demikian, penyidikan kasus terhadap tersangka disetop.

"Secara yuridis formal, tersangka meninggal dunia maka kewenangan menuntut pidana hapus," kata Kasubdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Piter Yannotama dalam keterangan kepada detikcom, Kamis (16/7/2020).

Meski begitu, Piter mengatakan, pihaknya masih mendalami kemungkinan adanya tersangka lain dalam kasus ini. Jika ada pihak lain terlibat dalam kasus ini, polisi akan melanjutkan penyidikan dengan tersangka baru.

"Sementara kan kalau ini tersangka tunggal kan secara yuridis formal kasusnya berhenti ya. Tapi kalau nanti dia tidak sendiri dan ada pihak-pihak terkait ini bisa dimintai pertanggungjawaban pidana," imbuhnya.

Sebagai contoh, apabila polisi menemukan adanya transaksi video porno anak yang dilakukan FAC dengan tersangka lain, pihak yang terlibat dapat dipidana.

"Misalnya nambah tersangka... gini, kalau misalnya ternyata pada saat dia (FAC) melakukan ternyata dia tidak sendiri, kemudian dia berinteraksi. Nah interaksinya mungkin dibuktikan dengan misalnya ada foto atau video lagi di dalam laptop, ada berinteraksi di WhatsApp, ada yang order, kemudian ada yang mentransfer. Nah berarti kan itu ada tersangka lagi nih, orang yang bisa kita mintai pertanggungjawaban pidana lagi," papar Piter.

Selanjutnya
Halaman
1 2