Alur Prostitusi Hana Hanifah hingga ke Medan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 13:19 WIB
Hana Hanifah di Polrestabes Medan (Datuk Haris-detikcom)
Hana Hanifah di Polrestabes Medan (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Bintang FTV Hana Hanifah dipulangkan polisi setelah sempat diamankan terkait kasus dugaan prostitusi di Medan. Alur kasus dugaan prostitusi ini berawal dari 'penawaran' yang dilakukan oleh seorang fotografer, J, yang disebut sering nongkrong bareng Hana di Jakarta.

Berdasarkan penjelasan Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko, Hana disebut sebagai objek yang 'diperdagangkan' dalam kasus ini. Riko menyebut J secara aktif menawarkan Hana ke lelaki hidung belang.

"Jadi si H (Hana) ini dia nongkrongnya di kafe itu dengan teman-temannya. Si J ini yang koordinir yang kita duga dia muncikarinya. Dia inilah yang aktif menawarkan itu, mau nggak, mau nggak, mau nggak, gitu. Baru si J menawarkan ke sini," ucap Riko, Selasa (14/7/2020) malam.

Riko mengatakan J diduga menawarkan Hana kepada A, yang merupakan pemesan di Medan. A kemudian diduga memesan Hana dan mengirim duit Rp 20 juta sebelum Hana berangkat ke Medan.

Polisi belum menjelaskan detail kapan transaksi itu terjadi. Namun Hana disebut datang ke Medan pada Minggu (12/7). Setiba di bandara, Hana dijemput oleh R yang diduga sebagai orang suruhan J untuk 'mengurus' Hana selama di Medan.

"Si R, ini pengakuannya dia hanya bantu aja. Nanti kalau ada tamu atas nama ini kamu jemput di bandara. Nanti kamu antar. Intinya gitu aja," tuturnya.

Atas jasanya 'mengurus' Hana, R diduga dibayar Rp 4 juta. Polisi menyebut R sebenarnya berprofesi sebagai sopir taksi online.

Singkat cerita, R mengantarkan Hana ke salah satu hotel di kawasan Medan Barat untuk bertemu dengan A. Pada pukul 23.00 WIB, polisi datang dan mengamankan R di lobi hotel.

R kemudian menyebut Hana dan A sedang berada di dalam salah satu kamar. Tim dari Polrestabes Medan kemudian bergerak dan mengamankan Hana serta A.

"Yang bersangkutan menjelaskan bahwa saksi HH dan saksi A ada di salah satu kamar. Kemudian tim bergerak ke salah satu kamar mendapatkan saksi HH dan saksi a ada di kamar tersebut," tutur Riko.

Selanjutnya
Halaman
1 2