Round-Up

Tudingan 'Tangan Gaib' dalam Duel Tommy Soeharto vs Muchdi Pr

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 05:57 WIB
Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketum Partai Berkarya Tommy Soeharto menggelar jumpa pers seusai melakukan pertemuan. Mereka sepakat bekerjasama di Pilkada 2020.
Tommy Soeharto (Agung Pambudhy/detikcom)

Picunang menegaskan bahwa tidak ada tangan gaib di belakang mereka. Dia menegaskan bahwa Kemenkum HAM wajib mensahkan kepengurusan Berkarya di bawah pimpinan Muchdi Pr jika memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam undang-undang (UU).

"Jadi saya luruskan, ya, tidak ada tangan-tangan gaib itu. Kita melakukan secara konstitusional sesuai UU dan kita serahkan ke pemerintah. Apabila memenuhi syarat dan memenuhi aturan atau UU, pemerintah wajib mengeluarkan SK kepengurusan walaupun keberadaan produk dari munaslub ini, baik itu perubahan AD/ART, maupun perubahan pengurus," tegas Picunang.

Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi PicunangBadaruddin Andi Picunang (Jefrie Nandy Satria/detikcom)

Picunang menyebut musyawarah luar biasa (Munaslub) Berkarya digelar secara terbuka dan transparan. Dia menuturkan munaslub digelar karena selama dua tahun belakangan pengelolaan Berkarya dilakukan secara autokrasi.

"Kita melakukan munaslub ini tidak diam-diam, tidak tertutup, semua serba terbuka dan transparan. Jauh sebelumnya, untuk menuju munaslub ini penuh sejarah yang panjang sejak 2 tahun yang lalu, pasca-Rapimnas III Solo, di mana kondisi partai kita secara internal, baik dari pengelolaan, manajemen kesekretariatan, kepemimpinan untuk melakukan kebijakan-kebijakan internal itu, amanah AD/ART, amanah UU Partai tidak dijalankan secara demokratis, justru dijalankan secara autokratis, maupun feodalis," papar Picunang.

Tommy Soeharto sempat membubarkan munaslub yang diselenggarakan Presidium Penyelamat Berkarya itu. Apakah munaslub lantas bubar? Tidak. Munaslub tetap berjalan setelah itu. Malah munaslub berhasil menggulingkan Tommy.

Lewat munaslub itu, Muchdi Pr terpilih menjadi Ketua Umum dan Andi Picunang menjadi Sekretaris Jenderal Partai Berkarya.

"Ketua umum terpilih Mayjen TNI Purn Muchdi Pr dan Sekjen terpilih Badaruddin Andi Picunang sekaligus Ketua dan Sekretaris Formatur dalam Tim Formatur yang terdiri dari 5 (lima) orang yang akan menyusun pengurus DPP Partai Beringin Karya (berkarya) periode 2020-2025," kata Sekjen terpilih Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang dalam keterangan tertulis, Minggu (12/7).

Halaman

(eva/eva)