Berkarya Pecah! Pro-Tommy Soeharto: Munaslub Muchdi Pr Lucu-lucuan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 16:52 WIB
Tommy Soeharto
Tommy Soeharto saat membubarkan Munaslub Presidium Penyelamat Berkarya. (Ashri Fathan/detikcom)
Jakarta -

Kubu Tommy Soeharto angkat bicara tentang Munaslub yang digelar Presidium Penyelamat Partai Berkarya di mana menetapkan Muchdi Pr menjadi ketua umum baru. Kubu Tommy Soeharto menilai Munaslub kemarin lucu-lucuan.

"Munas lucu-lucuan," kata Ketua DPP Berkarya kubu Tommy Soeharto, Vasco Ruseimy, kepada wartawan, Senin (13/7/2020).

Vasco menyebut munaslub yang digelar Presidium Penyelamat Berkarya sudah dibubarkan Tommy Soeharto. Dia menilai munaslub punya mekanisme tersendiri.

"Kalau mau buat munaslub itu ada mekanismenya, dan ada aturannya, di Partai Berkarya kami memiliki AD/ART yang mengatur segala sesuatu tentang aturan organisasi dll. Jadi untuk membuat kegiatan yang mengatasnamakan partai, ya bukan seenaknya gitu aja, pesertanya siapa, penyelenggaranya dan atas dasar apa, itu kan nggak jelas," ucap Vasco.

Vasco menyebut Berkarya di bawah Tommy Soeharto telah menyelenggarakan rapat pleno dan rapimnas yang dihadiri seluruh ketua, sekretaris dan bendahara pimpinan wilayah seluruh Indonesia. Menurut Vasco, peserta pleno meminta Partai Berkarya memecat oknum yang disebut ingin memecah belah partai.

"Dan beberapa orang yang tadinya tergabung dalam kelompok mereka, termasuk ketua presidiumnya, Ahmad Gusro, kan juga sudah kembali bersama kami untuk memperkuat partai," ucap Vasco.

Selain itu, Vasco menyebut Presidium Penyelamat Berkarya hanya berbicara di media mengklaim telah menyelenggarakan munaslub. Dia menyebut oknum yang menyelenggarakan munaslub juga sudah dipecat.

"Oknum-oknumnya kan juga sudah diberhentikan sebelumnya di pleno dan rapimnas, jadi ya sudah tidak berhak mengatasnamakan partai," sebut Vasco.

Lewat munaslub Presidium Penyelamat Berkarya, Muchdi Pr terpilih menjadi Ketua Umum dan Andi Picunang menjadi Sekretaris Jenderal Partai Berkarya.

"Ketua umum terpilih Mayjen TNI Purn Muchdi Pr dan Sekjen terpilih Badaruddin Andi Picunang sekaligus Ketua dan Sekretaris Formatur dalam Tim Formatur yang terdiri dari 5 (lima) orang yang akan menyusun pengurus DPP Partai Beringin Karya (berkarya) periode 2020-2025," kata Sekjen terpilih Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang dalam keterangan tertulis, Minggu (12/7).

(gbr/van)