Gubsu soal Belajar-Mengajar Tatap Muka di Zona Hijau: Baru Rencana

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 18:24 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan kegiatan belajar-mengajar tatap muka di sekolah yang berada pada zona hijau di Sumut masih dalam perencanaan. Dia belum menjelaskan kapan belajar tatap muka dimulai karena masih melihat apakah zona hijau bisa dijaga terus atau tidak.

"Baru rencana, saya pun tidak tahu. Ya nanti kita lihat, kalau benar-benar bisa menjaga. Ini persoalan zona hijau, zona kuning, zona orange, zona merah, bukan itu persoalannya. Persoalannya kita ini kan satu daratan, hari ini mereka datang ke Medan, berarti masuk zona merah, terus pulang dia ke zona hijau, apa terus zona hijau COVID-nya nggak ada? Kan nggak begitu," kata Edy di rumah dinas Gubsu, Medan, Senin (13/7/2020).

Edy mengatakan pihaknya masih mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Corona. Dia mengatakan hal tersebut harus dilakukan untuk mencegah para pelajar terpapar Corona jika sekolah dibuka.

"Itu nanti akan kita tertibkan dulu, jangan kita mengejar yang seperti itu. Itu kena dampak anak-anak kita. Kasihan sekali anak-anak kita ini. Harus kita jaga," jelas Edy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis, mengatakan sudah ada siswa di Pakpak Bharat yang datang ke sekolah hari ini. Dia menyebut hal tersebut dilakukan karena Pakpak Bharat merupakan zona hijau penyebaran Corona.

"Jadi memang di Pakpak Bharat itu zona hijau. Jadi kemarin ada pertemuan Gugus dengan Kadis Pendidikan sana, jadi mereka mulai sosialisasi. Jadi kalau misalkan ada SMA tadi, itu satu hari, kan juga baru penerimaan siswa baru. Besok sudah tidak ada. Sebenarnya itu sosialisasi," ucap Arsyad.

Selanjutnya
Halaman
1 2