Jokowi Soroti Pengendalian Perjalanan, Gubsu: Harus Rapid-Swab, Ikutilah

Ahmad Arfah - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 18:05 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Gubsu Edy Rahmayadi (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti kenaikan kasus baru virus Corona di Indonesia dan meminta pengendalian perjalanan diperhatikan. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan ada aturan yang harus dipatuhi para pelaku perjalanan.

Edy awalnya ditanya soal pengendalian perjalanan terutama dari jalur internasional yang diminta untuk diperketat terkait naiknya kasus positif Corona. Menurut Edy, hal tersebut merupakan kewenangan institusi lain.

"Tanya sama presiden. Itu kan wewenang sana. Jadi orang luar untuk melakukan. Tidak begitu ah, itu nggak usah kalian tanya lagi itu. Memperketatnya gimana sih, setiap penumpang menggunakan pesawat, dia harus melakukan aturan-aturan main," kata Edy di Medan, Senin (13/7/2020).

Dia mengatakan saat ini ada aturan yang mewajibkan setiap calon penumpang pesawat menunjukkan hasil negatif dari rapid test ataupun tes swab. Dia meminta aturan tersebut diikuti.

"Ada rapid, ada swab yang harus dia lakukan. Termasuk saya besok ada undangan ke Jakarta, saya harus rapid. Peraturannya begitu. Ikutilah," ucap Edy.

Edy juga menyebut Pemprov Sumut sedang memaksimalkan penelusuran riwayat kontak dari para pasien positif. Hal tersebut, katanya, untuk mempercepat penanganan pasien dan pencegahan penyebaran virus Corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2