Perbincangan Anak Saat Jenguk John Kei: Berdoa-Bicara Masa Depan

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 08:51 WIB
Putri sulung John Refra alias John Kei
Melan Refra (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta -

Putri sulung John Kei, Melan Refra, menceritakan pembicaraan terakhirnya dengan sang ayah. Saat menjenguk sang ayah, Melan mengatakan sering berdoa bersama dan membahas soal masa depan.

"Kayak biasa saja sih, kita perbincangan tentang masa depan, tentang religi lagi, dan juga misalnya sekarang menjenguk papa nggak terlalu banyak waktu ya, paling kita lebih banyak berdoa, bincang-bincangnya masalah masa depan," kata Melan kepada detikcom, Kamis (9/7/2020).

Melan mengaku terakhir menjenguk ayahnya, Selasa (7/7) atau tiga hari yang lalu. Putri sulung John Kei itu masih ingat betul pesan ayahnya yang terus dia pegang.

"Pesan dari papa yang paling aku simpan ya aku harus menjadi contoh yang baik untuk adik-adik karena kan aku anak pertama harus jadi contoh baik. Pokoknya apa pun yang terjadi di dalam keluarga, perkara apapun yang terjadi di keluarga itu selalu disyukurin, tetap suka duka di dalam keluarga harus jadi berkat juga," ungkap Melan.

"Kalau misalnya sekarang (papa) ada kasus juga lagi itu harus tetap tegar, harus tetap semangat," tambahnya.

Sebelumnya, peristiwa penyerangan terhadap Nus Kei atau Agrapinus Rumatora oleh kelompok John Kei membuat Melan Refra sedih. Anak John Kei itu merasa sang ayah sudah mengalami perubahan besar sejak keluar dari LP Nusakambangan, termasuk semakin religius.

"Apakah boleh saya sebagai anak merasa perubahan dari--yang teman tahu--Papah saya bagaimana, dan saya merasakan dari Nusakambangan terus sampai rumah Papah itu berubah dari kehidupan yang lama. Jadi semua itu saya rasakan dimulai dari saat di rumah," katanya saat membesuk John Kei di Polda Metro Jaya, Jumat (26/6) malam.

(lir/lir)