Mahfud Md: Demokrasi RI Banyak Fitnah-hoax, Sesuai Prediksi Abad 5 SM

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 13:05 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD
Mahfud Md (Faiq Azmi/detikcom)
Medan -

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md bicara soal sejarah demokrasi dan pandangan para filsuf seperti Plato hingga Aristoteles. Mahfud menyebut kedua tokoh itu sempat bicara soal efek buruk demokrasi yang menurutnya perlu diwaspadai.

Mahfud awalnya bicara soal bergantinya bentuk pemerintahan dari negara-negara di dunia. Dia menyebut saat ini dua per tiga negara yang terdaftar di PBB menganut demokrasi.

"Monarki itu tinggal sedikit, itupun sudah monarki konstitusional," ucap Mahfud saat memberi sambutan dalam Rapat Koordinasi Pilkada Serentak di Sumut yang digelar di Hotel Grand Aston, Medan, Jumat (3/7/2020).

Mahfud lalu bicara soal pelaksanaan demokrasi yang harus diawasi sehingga dibentuk berbagai lembaga mulai dari KPU, Bawaslu hingga pengadilan. Dia kemudian mengemukakan pandangan Plato tentang demokrasi.

"Demokrasi itu bahaya, demokrasi itu suka menimbulkan massa liar," ucap Mahfud.

Dia mencontohkan soal kampanye yang berpotensi menimbulkan permusuhan hingga saling fitnah. Mahfud juga bicara tentang hoax atau berita bohong yang tersebar luas.

"Di Indonesia banyak demokrasi yang menimbulkan massa liar. Menimbulkan permusuhan, saling fitnah, hoax, itu demokrasi kata Plato 5 abad sebelum masehi," ucapnya.

Tonton video 'Mahfud Md Minta Penegakan Hukum Tidak Digantung':

Selanjutnya
Halaman
1 2