5 Aksi Firli Bahuri Jadi Kontroversi, dari Masak Nasgor hingga Naik Heli

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 09:55 WIB
Pimpinan KPK melakukan safari ke sejumlah kementerian dan lembaga. Kali ini KPK mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Ketua KPK Firli Bahuri (Grandyos Zafna/detikcom)

4. Geger Gegara Tak Pakai Masker

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menyebut Firli Bahuri tidak mematuhi protokol kesehatan penanganan virus Corona (COVID-19) saat berkunjung ke Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. MAKI pun melaporkan Filri Bahuri ke Dewas KPK atas dugaan pelanggaran kode etik karena tidak mematuhi protokol kesehatan dengan tidak memakai masker hingga bertemu dengan sejumlah anak kecil dengan jarak yang berdekatan saat kunjungan itu.

"Kami hari ini, Senin tanggal 22 Juni 2020 telah menyampaikan aduan dugaan pelanggaran etik oleh Firli Ketua KPK kepada Dewan Pengawas KPK melalui sarana elektronik," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangan tertulis, Senin (22/6/2020).

Firli BahuriPotret Firli Bahuri tak mengenakan masker yang disertakan MAKI. (Foto: dok istimewa)

"Bahwa dalam suatu kesempatan Firli bertemu atau berjumpa dengan puluhan anak namun Firli tidak memakai masker dan berdekatan jaraknya dengan anak-anak tersebut sehingga melanggar protokol COVID-19," lanjut Boyamin.

Namun Firli mengatakan tuduhan itu tidak benar. Firli menegaskan telah mematuhi aturan protokol kesehatan penanganan COVID-19 saat berkunjung ke makam orang tahunya ke Kabupaten OKU tersebut. Bahkan, Firli mengaku membawa tiga jenis masker saat kunjungan tersebut.

"Saya sangat memahami terkait isu yang berkembang terkait dengan foto yang tersebar di media, yang menyebutkan bahwa saya tidak mengenakan masker pada saat saya bergiat di luar kota, sebenarnya itu tidak benar," kata Firli kepada wartawan, Senin (22/6/2020).

Firli BahuriFoto yang ditunjukkan Firli Bahuri untuk menjawab kritik. (Foto: dok istimewa)

"Saya memakai 3 jenis bentuk masker; 1). E masker yang saya pasang di kantong baju; 2). Masker yang saya pasang dan dijepitkan diantara lubang hidung; 3). Masker N95," sebutnya.

Ia kemudian menjelaskan perihal foto dirinya yang terlihat tidak memakai masker saat bertemu sejumlah anak kecil. Firli mengatakan memang saat itu maskernya dilepas karena ingin menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' bersama anak-anak kecil tersebut.

Firli BahuriFoto yang ditunjukkan Firli Bahuri (Foto: dok istimewa)

"Dalam perjalanan saya menggunakan masker dan ada saat saya buka masker dan masker saya pegang untuk beberapa saat, itu karena saya hendak menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' bersama anak-anak sekitar dalam beberapa saat. Tapi untuk masker E MASK dan masker yang saya pasang di hidung tetap terpasang," ungkapnya.

Firli lalu menjelaskan alasannya menemui anak-anak kecil yang berada di sekitar makam orang tuanya itu. Ia mengatakan keberadaan anak-anak kecil itu mengingatkan dirinya kepada masa lalu. Ia mengaku memberikan motivasi kepada anak-anak kecil itu agar semangat mengejar cita-cita.

"Itulah yang saya sampaikan ke anak-anak di kampung saya. Semua saya lakukan karena kecintaan dan kepedulian kepada anak sekampung saya. Saya ingin menyemangati anak-anak Indonesia untuk terus semangat meraih mimpinya supaya bisa mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6