Pria Diklarifikasi soal Candaan Gus Dur, Yenny Wahid: Yuk Dewasa Sikapi Humor

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 18:52 WIB
Yenny Wahid
Yenny Wahid (Ari Saputra/detikcom)

Dia berharap tidak ada yang baper terhadap humor tersebut. Yenny meminta kepolisian menerima segala bentuk ekspresi masyarakat.

"Yang namanya institusi pemerintah jadi sasaran humor itu banyak, DPR sering banget, institusi kepresidenan dijadikan bahan joke biasa aja, menteri kabinet dijadikan bahan joke nggak ada masalah, tentara juga biasa aja. Jadi menurut saya, yuk kita bersikap lebih dewasa, menyikapi ekspresi yang ada di masyarakat, apalagi kalau disampaikan lewat humor, kalau kita menyikapinya dengan dewasa justru masyarakat akan semakin respek. Jadi nggak usah terlalu sensitif menanggapi ekspresi semacam itu," katanya.

Sebelumnya diberitakan, isu 'penangkapan' seorang pria yang mem-posting lelucon 3 polisi jujur di Maluku Utara menjadi perbincangan di media sosial. Polres Kepulauan Sula, Maluku Utara, meluruskan isu itu, tak ada penangkapan, si pria hanya dimintai klarifikasi.

"Yang bersangkutan kita tanyakan mens rea-nya apa, apakah dia mau bilang di Polri tidak ada polisi jujur apa bagaimana, dia hanya mengutip saja, nggak ada maksud apa-apa, ya sudah kita balikin, dia intinya kalau polisi ada yang tersinggung dia katakan tidak ada maksud menghina organisasi Polri. Dia sudah minta maaf, kita maafkanlah," kata Kapolres Kepulauan Sula AKBP Muhammad Irvan saat dihubungi, Rabu (17/6).

IS sendiri sudah angkat bicara. Ia menyatakan dipanggil pihak kepolisian untuk mengklarifikasi posting-annya yang mengutip humor Gus Dur. IS mem-posting lelucon Gus Dur itu pada Jumat (12/6) sekitar pukul 11.00 Wita. Dua jam berselang, dia dipanggil ke kantor polisi.

Saat ditanya polisi, IS menjelaskan maksud dari posting-annya itu. Selanjutnya, IS pun diminta meminta maaf.

"Diklarifikasi maksudnya dari posting-an ini apa. Terus untuk apa, tujuannya apa? Responsnya baik nggak ada masalah. Cuma saya harus minta maaf gitu di media," ujar IS.

Halaman

(eva/gbr)