Pria Diklarifikasi soal Candaan Gus Dur, Yenny Wahid: Yuk Dewasa Sikapi Humor

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 18:52 WIB
Yenny Wahid
Yenny Wahid (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polres Kepulauan Sula, Maluku Utara, memanggil seorang pria yang mem-posting kutipan humor Presiden ke-4 Abdurahman Wahid (Gus Dur). Putri ke-3 Gus Dur, Yenny Wahid, meminta aparat kepolisian santai menanggapi segala bentuk candaan. Menurutnya, tidak semua ekspresi masyarakat harus disikapi dengan pemanggilan.

"Ya polisi santai saja, nggak usah semua ekspresi di masyarakat kemudian harus disikapi dengan pemanggilan," kata Yenny, saat dihubungi, Kamis (18/6/2020).

Yenny mengatakan sebaiknya polisi fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terlebih, menurutnya, di masa pandemi ini. Masyarakat harus diawasi warga agar mematuhi protokol kesehatan .

"Karena polisi sekarang lebih dibutuhkan tenaganya untuk memecahkan banyak masalah yang ada di masyarakat, apalagi sekarang dengan adanya COVID, dengan adanya PSBB, justru polisi itu saya rasa harus lebih fokus untuk memastikan keamanan dan memberikan rasa nyaman di masyarakat," ujarnya.

Terkait candaan Gus Dur, Yenny mengatakan kalimat itu sudah beredar luas dan siapa pun bisa mengutipnya. Pejabat tinggi sekalipun bisa, katanya.

"Kalau soal humor Gus Dur itu sudah lama itu beredar, bahkan ada pernah mantan pejabat tinggi polisi mengutip itu. Artinya memang humor itu adalah salah satu kekuatan masyarakat kita. Salah satu cara mekanisme yang ada di masyarakat untuk sering mengingatkan, tidak ada institusi yang seperti malaikat yang terbebas dari kesalahan, masyarakat itu harus saling mengingatkan untuk terus membenah diri," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2