Banyak Orang Jakarta Jalan-jalan ke Puncak, Polisi Sempat Berlakukan One Way

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 17:06 WIB
Kondisi lalu lintas di Kawasan Puncak Bogor.
Kondisi lalu lintas di Kawasan Puncak, Bogor. (Sachril Agustin Berutu/detikcom).
Kabupaten Bogor -

Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dipadati masyarakat Jakarta pasca-Idul Fitri. Polisi pun sempat memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) untuk mengurai kemacetan.

"Jalan Raya Puncak pasca-Lebaran memang ada peningkatan jumlah kendaraan karena itu tadi, banyak warga masyarakat (Jakarta) yang mungkin sudah penat. Kemudian akhirnya (banyak yang) menjalankan, berjalan-jalan di wilayah Puncak," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri di TMC Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Selasa (26/5/2020).

"(Tadi) kita laksanakan rekayasa one way karena adanya imbas dari putar balik di wilayah Puncak Pass, kendaraan dari Jakarta," lanjutnya.

Fadli menjelaskan, ada 2 check point di kawasan Puncak, yakni di Simpang Gadog dan Puncak Pass. Dia mengatakan polisi memberlakukan one way turun ke bawah (Puncak Pass-Ciawi) karena terjadi kepadatan saat kendaraan diputar balik.

"Kebanyakan plat B si memang. Imbasnya adalah kendaraan yang tidak bisa mengarah ke Cianjur, putar balik. Akhirnya dia kembali turun ke Jakarta. Nah itu terjadi kepadatan karena memang cukup banyak volume kendaraannya, sehingga kita laksanakan rekayasa arus one way," ungkap dia.

Fadli pun berharap masyarakat bisa patuh terhadap pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang sedang diberlakukan di Kabupaten Bogor. Dia mengungkapkan, upaya polisi ini adalah salah satu langkah untuk memutus penyebaran wabah virus Corona (COVID-19).

"Informasinya wilayah Cisarua sudah berubah jadi hijau. Jangan sampai dengan adanya penyebaran, perpindahan masyarakat dari Jakarta ke Cisarua, baik itu hanya sekadar belanja dan sebagainya, malah menyebarkan virus. Kan gitu," tandasnya.

Terpantau di Pos TMC Gadog, rekayasa one way diberlakukan sebentar saja, yakni sekitar satu jam. Saat ini, kondisi arus lalu lintas di Jalan Raya Puncak sudah kembali diberlakukan normal dua arah. Lalu lintas pun terpantau ramai lancar.

(aik/aik)