Pasien Positif Corona di Samarinda yang Ngamuk di RS Dinyatakan Sembuh

Suriyatman - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 18:19 WIB
Poster
Ilustrasi Penyebaran Virus Corona di Pulau Kalimantan (Edi Wahyono/detikcom)
Samarinda -

N (52), pasien positif virus Corona (COVID-19) di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), yang sempat mengamuk di rumah sakit (RS) bisa tersenyum lebar saat ini. N dinyatakan sembuh dari virus Corona.

"Dua kali hasil uji swab yang dikirimkan ke laboratorium kesehatan Surabaya sudah menyatakan hasil negatif," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Samarinda Ismed Kosasi kepada wartawan, Jumat (8/5/2020).

Ismed mengungkapkan, sebanyak 21 pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Samarinda juga dipulangkan. Puluhan PDP itu dipulangkan setelah hasil swab-nya dinyatakan negatif Corona.

"N dipulangkan bersama 21 PDP yang saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Karantina yang hasil uji labnya negatif," terang Ismed.

Lurah Temindung, Fathan, menyebut N ditunggu kedatangannya oleh warga sekitar kediamannya. Setelah sampai di rumah, sebut dia, N diharapkan melanjutkan proses penyembuhannya dan para tetangga sudah siap membantu N.

"Para tetangga berharap N bisa segera sembuh, dan RT setempat tadi lapor kepada saya bahwa warga telah menerima N kembali di lingkungan mereka," ungkap Fathan.

Kadinkes Pemprov Kaltim Andi M Ishak Kepala Dinas kesehatan Kaltim mengatakan untuk kasus sembuh di Kota Samarinda ada 4 orang. Mereka adalah SMD 8, SMD 16, SMD 22 dan SMD 23 yang seluruhnya merupakan pelaku perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan.

"Dengan kesembuhan ini diharapkan masyarakat bisa membantu para korban dengan tidak membuat stigma buruk kepada mereka," jelas Andi.

(zak/zak)