Riset LSI Denny JA: 99% Kasus Corona di RI Tuntas Bulan Juni 2020

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 20:30 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

LSI Denny JA melakukan riset dengan mengolah data dari berbagai sumber terkait tren kasus COVID-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia. LSI Denny JA memprediksi Indonesia akan mengalami kondisi normal pada Juni 2020, asalkan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

Riset ini berbeda dengan riset LSI Denny JA sebelumnya yang merupakan survei opini publik, melainkan riset ini bertujuan mengolah data sekunder. LSI Denny JA membaca tren data dunia dan Indonesia atas kasus Corona.

Tujuan dari riset ini ingin menjawab apakah dan kapankah puncak pandemi terlampaui, bisakah kita prediksi kapan pandemik berakhir. Adapun dari pertanyaan itu diolah LSI Denny JA dari 3 sumber data dan informasi, yakni Worldometer data dunia virus Corona, Singapore University of Technology and Design, dan berbagai hasil riset lainnya.

"Negara Indonesia termasuk negara menengah (Kategori B) dari sisi kecepatan menyelesaikan kasus virus Corona untuk mencapai level 99% tuntas. Tercapainya level 99% itu untuk kasus Indonesia diperkirakan di bulan Juni 2020," tulis LSI Denny JA dalam keterangannya, Rabu (29/4/2020).

Hal itu karena, saat Corona mulai merebak di seluruh dunia, masyarakat sudah mulai menggalangkan protokol kesehatan COVID-19, di antaranya social distancing, memakai masker, hingga mencuci tangan. Data dari worldometer menunjukkan, protokol kesehatan itu efektif bekerja bagi rata-rata penduduk dunia.

Sebelumnya, penambahan kasus baru yang terpapar Corona di tiap negara cenderung naik signifikan. Akan tetapi, sejak 1 April 2020, penambahan kasus baru terpapar mulai menunjukkan grafik yang landai.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4