Round-Up

Data Kasus Baru Corona Naik Lagi Setelah Turun 3 Hari

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 08:35 WIB
RSHS Bandung melakukan simulasi penanganan pasien suspect corona, Jumat (6/3/2020). Simulasi itu untuk menunjukkan kesiapan RSHS dalam menangani pasien suspect corona.
Foto ilustrasi: Simulasi penanganan pasien Corona. (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis kasus virus Corona di Indonesia melandai pada Juli nanti. Sekarang, angka mengenai virus Corona di Indonesia masih dinamis. Terakhir, angka kasus baru Corona naik lagi setelah tiga hari sebelumnya selalu turun.

Jika melihat tren kasus baru di Indonesia secara keseluruhan sampai Rabu (29/4/2020) ini, kenaikan terakhir kasus baru Corona terjadi pada 24 April. Kenaikan itu kemudian disusul penurunan angka kasus baru pada tiga hari berturut-turut, yakni tanggal 25, 26, dan 27 April. Namun kasus baru Corona naik lagi pada 28 April kemarin.

Simak dinamika angka kasus baru berikut ini:

24 April: 436 kasus baru
25 April: 396 kasus baru
26 April: 275 kasus baru
27 April: 214 kasus baru
28 April: 415 kasus baru

Kasus baru merupakan tambahan kasus positif COVID-19 per hari yang dikonfirmasi lewat hasil tes real time Polymerase Reaction Chain (PCR). Tes PCR merupakan metode yang sejauh ini akurat untuk menentukan positif atau tidaknya seseorang dari penyakit akibat virus SARS-CoV-2 itu.

Namun demikian, alat tes PCR baru bisa digunakan bila reagen tersedia. Reagen adalah zat kimia untuk memroses spesimen yang diambil dari orang-orang yang dites. Indonesia sempat mengalami kendala ketersediaan reagen dan kemudian berhasil mendatangkan reagen dari luar negeri.

Jumlah tes PCR juga memengaruhi sedikit-banyaknya kasus baru yang terungkap. Semakin sedikit tes PCR yang dilakukukan, maka semakin sedikit pula kasus baru yang bisa terungkap. Semakin banyak tes PCR yang dilakukan, maka bisa jadi kasus baru yang terungkap semakin banyak, konstan, atau menurun jumlahnya.

Kurva kasus baru COVID-19 per 29 April 2020 (covid19.go.id)Kurva kasus baru COVID-19 per 29 April 2020 (covid19.go.id)

Simak video Positif Corona, Wali Kota Tanjung Pinang Meninggal Dunia:

Selanjutnya
Halaman
1 2