Seorang Santri Temboro Asal Bulukumba Sulsel Positif Corona

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 25 Apr 2020 10:25 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Bulukumba -

Remaja berinisial KHR (18), warga Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), dinyatakan positif virus Corona. Dia merupakan satu dari ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fatah di Temboro, Jawa Timur, yang dipulangkan ke Sulsel beberapa waktu lalu.

"Iya ada satu warga kami, santri Ponpes Al Fatah dinyatakan positif Corona berdasarkan tes swab," ujar Kasubag Publikasi Humas Pemda Bulukumba Andi Ayatullah Ahmad saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/4/2020).

Andi mengatakan warganya yang positif Corona itu merupakan satu dari 100 santri yang dipulangkan ke Sulsel pada 18 April 2020. Saat tiba di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, KHR langsung diberi penanganan khusus setelah suhu badannya mencapai 38°C.

Alhasil, KHR saat itu tidak diperbolehkan pulang ke Bulukumba dan harus menjalani karantina di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Selatan. Enam hari kemudian atau tepatnya pada 24 April, KHR dinyatakan positif Corona berdasarkan tes swab.

"Dengan bertambahnya pasien positif, maka total pasien positif Kabupaten Bulukumba sebanyak tiga orang. (Sebanyak) satu pasien sudah sembuh dan dua lainnya sudah berada di RS Wahidin Sudirohusodo untuk menjalani isolasi dan perawatan," terang Andi.

Sementara itu, juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Bulukumba, Daud Kahal, meminta warganya untuk terus memberikan dukungan, minimal dengan doa. Dia mengatakan, satu pasien yang sebelumnya dinyatakan sembuh dari Corona merupakan bukti bila pasien lainnya bisa melakukan hal yang sama.

"Kita berharap dua pasien positif kita yang dirawat di Makassar ini cepat pulih dan dinyatakan sembuh sebagaimana pasien positif 001 sebelumnya," kata Daud.

Mengenal Kit Reagen Tes Corona yang Stoknya Sering Habis di Lab:

(azr/azr)