Perjalanan Panjang hingga Akhirnya Jokowi Larang Mudik saat Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Apr 2020 12:52 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai masker saat melantik Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020). Ahmad Riza Patria resmi menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta seusai dilantik Presiden Joko Widodo.
Presiden Jokowi (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Mudik lebaran 2020 akhirnya dilarang untuk memutus mata rantai penularan virus corona baru (COVID-19). Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang awalnya bersifat mengimbau warga untuk tidak pulang kampung, pada akhirnya memutuskan untuk melarang tradisi tahunan itu.

"Pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/4/2020).

Keputusan itu tidak serta merta diambil Jokowi. Dia mengaku melihat perkembangan di masyarakat hingga akhirnya mengeluarkan keputusan itu.

Salah satunya disebut Jokowi mengenai hitungan dari survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Jokowi menyebut jumlah orang yang masih ingin mudik cukup tinggi.

"Dari hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan disampaikan bahwa yang tidak mudik adalah 68 persen, yang tetap masih bersikeras mudik 24 persen, yang sudah mudik 7 persen. Artinya masih ada angka yang sangat besar yaitu 24 persen tadi," kata Jokowi.

Berikut gambaran perjalanan keputusan pemerintah yang akhirnya melarang mudik:

Jokowi Larang Seluruh Warga Mudik Lebaran Tahun Ini!:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5