APD Langka, TNI di Tanjungpura Bikin Face Shield dari Tali Kolor

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 13:57 WIB
Kodam Tanjungpura buat APD berbahan tali kolor dan plastik transparan (dok. tniad.mil.id)
Kodam Tanjungpura buat APD berbahan tali kolor dan plastik transparan. (Dok. tniad.mil.id)
Jakarta -

Barangkali inovasi pembuatan alat pelindung diri (APD) dari Peralatan Kodam (Paldam) XII/Tanjungpura ini bisa jadi inspirasi.

APD yang dibuat adalah pelindung muka (face shield). Kapaldam Tanjungpura Kolonel Cpl Octovianus Oskar mengatakan inovasi ini bermula saat dia mendapat perintah dari Pangdam Tanjungpura Mayjen Muhammad Nur Rahmad untuk membantu pemerintah setempat melakukan penyemprotan disinfektan di Pontianak.

"Ketika itu, kita akan menyemprotkan disinfektan di wilayah Pontianak. Terbersit ide untuk melindungi prajurit dari efek kimia yang terkandung di dalamnya, setidaknya bagian vital mata, hidung, dan mulut," ujar Kolonel Oscar, seperti dilansir dari tniad.mil.id, Selasa (7/4/2020).

Oscar mengatakan saat itu baru tersedia masker. Sementara untuk pengadaan barang, dibutuhkan biaya cukup mahal dan waktu lama. Maka muncullah ide membuat face shield berbahan tali kolor dan plastik.

"Setelah dilihat-lihat, ternyata alternatif bahan yang dibutuhkan pun ada di sekitar kita dan prosesnya pun sederhana, bahkan untuk pengadaan bahan setiap APD hanya habis sekitar Rp 8.000, yaitu dari karet celana atau tali kolor ditambah plastik yang agak tebal," ujar Oscar.

Akhirnya Paldam Tanjungpura menghasilkan 500 APD yang akan dipakai anggota untuk menyemprotkan disinfektan di Pontianak. Jumlah itu juga disalurkan kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia serta disalurkan untuk mendukung kebutuhan APD di RS Kartika Kodam Tanjungpura, RS Yarsi, dan RS Antonius Pontianak.

Kodam Tanjungpura buat APD berbahan tali kolor dan plastik transparan (dok. tniad.mil.id)Proses produksi APD berbahan tali kolor dan plastik transparan (Dok. tniad.mil.id)

"Kami tahu, tenaga medis telah berjibaku. Siang-malam, di tengah keterbatasan APD, mereka tanpa lelah membantu saudara-saudara kita yang tengah mengalami musibah terpapar virus Corona," ujar Oscar.

Selanjutnya
Halaman
1 2